Tuesday, 25 September 2018

Di Natar Lampunf Selatan

Wisata Air Panas Murah Meriah

Rabu, 12 September 2012 — 6:32 WIB
iluswisata

LAMPUNG (Pos Kota) – Air panas bumi atau yang lebih dikenal dengan nama Lampungnya Sumber Way Panas Bumi,kini semakin ramai dikunjungi warga Lampung.

Air panas itu berlokasi di areal persawahan di Kampung Cisarua, Desa Muara Putih, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, milik perorangan tokoh adat Natar Lampung Selatan, Takim Jaya Taruna.

Semburan air panas yang keluar dari perut bumi hingga mencapai 49 derajat celcius membuat keluarga Takim Jaya Taruna menjadikannya tempat wisata dengan biaya murah

Hanya dengan membayar Rp 5 ribu untuk semua kendaraan mobil bersama seluruh penumpangnya tanpa ada biaya tambahan. Warga Natar menamainya Way panas Bumi ini dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit rematik, tulang dan terapi orang-orang yang kecanduan narkoba dengan dilakukan perendaman hingga berjam-jam di air panas.

Pengunjung datang dari berbagai penjuru baik yang dari Provinsi Lampung maupun dari Pulau Jawa yang berniat ingin menyembuhkan sakit mereka dengan berendam di Way Panas Bumi dengan menyediakan 3 kolam besar untuk pengunjung yang mau berendam.

Menurut Takim Jaya Taruna setiap hari tempat ini ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah yang mau terapi dan berendam. Tiket masuk sukarela saja seikhlasnya tidak bayar juga tidak apa-apa.

Hanya saja warga seringkali membayar Rp 5 ribu setiap masuk. Uang itu saya kumpulkan untuk membangun sarana seperti masjid yang lokasinya tepat di atas kolam yang paling besar yang dibawah masjid tersebut air panas dan beberapa kamar tempat bilas pengunjung yang habis berendam dan beberapa warung makan yang dibuka warga sekitar.” Mereka semua tidak saya minta untuk bayar tempat karena memang untuk ibadah saya,” ujar Takim.

Sebenarnya sudah lama tanah saya mau dikelola oleh Pemda karena akan dijadikan lokasi wisata yang lengkap tapi setelah saya berembuk dengan keluarga maka saya putuskan untuk mengelolanya sendiri sebagai ladang ibadah saya, jelasnya.

Salah seorang pengunjung Ling Sui ,48, warga Jl. Ikan Hiu, Bandarlampung mengaku sudah satu bulan ini secara rutin berendam di Way Panas Bumi. “Saya punya penyakit nyeri sendi dan itu sudah lama saya obati tapi tidak sembuh. Saya lalu disarankan oleh kawan saya untuk lakukan terapi di way panas Bumi. Sudah satu minggu saya rutin berendam setiap sore membuat nyri sendi saya hilang dan badan saya jadi segar,” ujar Ling Sui.

“Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung karena berkhasiat menyembuhkan sakit juga tempat ini merupakan tempat yang nyaman karena jauh dari kota dan mudah dijangkau,” lanjut Ling Sui.

Warga sekitar lokasi Way panas Bumi ini juga memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan dari mulai MCK sampai dengan menyirami tanaman karena meskipun air ini panas tapi tidak membuat masti tanaman malah menyuburkan. Air yang disemburkan juga tidak pernah habis setiap kali digunakan warga. (Koesma)

Teks : Warga berendam di air panas di Way Panas