Monday, 19 August 2019

Pengacara Minta Neneng Dikeluarkan dari Tahanan KPK

Selasa, 18 September 2012 — 17:28 WIB
Neneng SW-1

PASAR MINGGU (Pos Kota) – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan diminta memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengeluarkan Neneng Sri Wahyuni dari rumah tahanan negara (Rutan). Alasannya, penangkapan dan penahanan istri M Nazarudin oleh KPK dinilai, tidak sah.

Permohonan disampaikan melalui tim pengacara Neneng Sri Wahyuni, Jack R Sidabutar dkk dalam replik pada sidang lanjutan permohonan praperadilan di PN Jaksel, Selasa (18/9).

Menurut Jack, kliennya tidak pernah menjabat sebagai direktur keuangan PT Anugerah Nusantara. Dengan demikian, menurutnya, KPK dinilai salah dan keliru melakukan penangkapan dan penahanan Neneng Sri Wahyuni.

Selain itu, kata dia, PN Jakarta Selatan berwenang memeriksa dan mengadili serta memutus permohonan ini. Alasannya, penangkapan kliennya oleh KPK berada di tempat tinggal pemohon di Jl. pejaten Barat No.7 Jakarta Selatan.

Sehingga bukan Pengadilan Tipikor yang berwenang, namun PN Jaksel berhak dan berwenang mengadili perohonan ini.

Hakim tunggal Maman M Ambari masih memberikan kesempatan pada kuasa hukum KPK guna mengajukan duplik atau jawaban atas replik pemohon pada sidang, Rabu (19/9). (winarno/dms)