Monday, 26 August 2019

Persyaratan Tidak Lengkap

Marzuki Alie Gugur Jadi Calon Ketua Umum PBSI

Rabu, 19 September 2012 — 22:27 WIB
gahalal199

JAKARTA (Pos Kota) – Pencalonan Marzuki Ali sebagai Ketua Umum PB-PBSI ‘diganjal’. Kepala Bidang Organisasi PB-PBSI Koesdarto Pramono menganulir pendaftaran Marzuki Alie karena tidak memiliki kelengkapan persyaratan.

Diungkapkan Koesdarto, penganuliran Marzuki karena tidak menyertakan surat pernyataan, tapi melampirkan surat rekomendasi Pengprov PBSI Sultra. Namun hal itu dibantah Adhi Prasetyo, tim sukses (Timses) pencalonan Marzuki Alie sebagai Ketum PB PBSI periode 2012/2016.

“Sebelum tenggat waktu pendaftaran ditutup, kami sudah menyerahkannya secara lengkap. Tetapi tetap dinyatakan tidak sah dan digugurkan,” ujar Edhi.

Seperti diberitakan, PBSI membuka pendaftaran sejak 28 Agustus hingga 18 September, pukul 12.00 WIB.

Nantinya, calon akan berebut suara dalam Munas PB PBSI di Yogyakarta, 20-22 September. Karena itu, Edhi menegaskan PB PBSI tidak boleh mengambil keputusan sepihak

LEGOWO

Melalui teleconference kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/9), Marzuki mengaku bersikap legowo. “Saya tidak mau ngotot menghadapi pengguguran pencalonan tersebut. Sebab, saya ini dicalonkan Pengprov-Pengprov dan bukan mencalonkan. Kalau para pemilik suara (Pengprov pendukung) ingin tetap berjuang, saya persilahkan. Namun jika dipercaya, saya siap mengembalikan kejayaan bulutangkis,” terangnya.
Dibagian lainnya, calon Ketum PB PBSI Icuk Sugirto pun ikut angkat bicara. Juara Dunia tahun 1983 tersebut mengkritisi sikap PB PBSI yang tidak kompromis. “PBSI seharusnya bijaksana melihat persoalan ini. Saya pribadi tak takut tersaingi jika muncul banyaknya calon. Kalau ada yang lebih baik, saya siap kalah namun dengan proses persaingan yang sehat,” kata Icuk.

Menurut Icuk, PBSI seharusnya menerima berkas pencalonan dan tidak berhak memutuskan siapa yang layak atau tidak “Yang berhak memutuskannya adalah rapat pleno,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPR-RP dari Komisi X, Dedi ‘Miing’ Gumelar yang dihubungi Pos Kota, tadi malam, menegaskan, adalah hak demokrasi Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan untuk maju sebagai calon ketua umum PBSI. Namun, dari segi prestasi dia tidak dikenal dalam olahraga nasional.

Selain itu, sebagai mantan pengurus Miing mengaku kasihan dengan Gita jika terpilih sebagai Ketua Umum PBSI. Sebagai menteri perdagangan, dia harus fokus membenahi neraca perdagangan. (ian/b)

Teks : Marzuki Alie