Wednesday, 19 September 2018

Juventus Vs Chievo

‘Si Nyonya Tua’ Bisa Kerepotan

Jumat, 21 September 2012 — 23:02 WIB
arturovidal219

Juventus vs Chievo
Minggu (23/9), 01:45 WIB
Juventus Arena

TURIN (Pos Kota) – Tim berjuluk ‘Si Nyonya Tua’ Juventus boleh saja bernafas laga setelah berhasil mencuri satu angka, usai menahan tuan rumah Chelsea 2-2 pada laga perdana Liga Champions Grup E, Kamis (20/9) dinihari kemarin. Tapi Si Nyonya Tua bisa saja kesulitan mengamankan rekor sempurna di pentas Serie A Italia saat menjamu Chievo Verona di Juventus Arena, Minggu (21/9) dinihari nanti.

Tidak bisa dipungkiri jika Chievo adalah salah satu tim yang kerap membuat Si Nyonya Tua kerepotan dalam urusan meraih kemenangan. Buktinya, dalam empat pertemuan terakhir, Chievo berhasil menahan imbang Juventus sejak tim berjuluk ‘Flying Donkeys’ itu mampu menang 1-0 di Verona, Januari 2010 lalu. Terakhir, Chievo bahkan mampu menahan Si Nyonya Tua 1-1 di Juventus Arena, Maret 2012 lalu. Artinya, bukan tidak mungkin situasi yang sama kembali terjadi pada laga nanti.

Apalagi bayang-bayang kelelahan pemain mulai menghantui Juventus selepas perjalanan ke London saat bermain 2-2 dengan Chelsea pada laga perdana Liga Champions, tiga hari berselang. Namun posisi di puncak klasemen dengan poin sempurna dari tiga laga, jadi motivasi tersendiri bagi tim yang untuk sementara ini ditukangi Massimo Carrera itu di pentas Serie A. Juventus hanya unggul selisih gol dari Napoli dan Lazio di urutan kedua dan ketiga klasemen sementara Serie A.

MODAL KURANG
MEYAKINKAN

Sebaliknya, Chievo datang dengan modal kurang meyakinkan setelah takluk 1-3 dari Lazio, akhir pekan kemarin. Rasa percaya diri anak-anak asuh Cerrara kian bertambah setelah mampu membuktikan kemampuan mereka di panggung Eropa, sekali pun tanpa kehadiran Antonio Conte yang masih menjalani sanksi akibat skandal pengaturan pertandingan. Tak heran jika mantan pelatih Juventus, Marcelo Lippi angkat bicara terkait performa mentereng si Nyonya Tua awal musim ini.

“Jika Juventus mendapat hasil buruk di lapangan, itu terjadi bukan karena tidak ada Conte. Pemain telah memiliki hubungan yang sangat kuat. Hukuman Conte serta adanya Carrera bukanlah masalah bagi tim. Saya rasa Carrera tahu apa yang diingankan Conte dan dia juga tahu bagaimana cara mewujudkannya di lapangan. Namun, itu semua hanya pendapat saya dari segi teknik yang dimiliki Juventus,” kata Marcello Lippi seperti dinukil ESPNStar.

Di sisi lain, ucapan Lippi bisa menjadi ‘bumerang’ bagi Carrara, jika skuadnya meremehkan Chievo yang dipastikan datang dengan ambisi mencuri poin setelah masih tercecer di papan tengah dengan tiga angka dari tiga laga. Chievo hanya unggul selisih gol di atas Parma yang tentu akan mengambil kesempatan untuk menggusur tim asal kota Verona itu saat menjamu Fiorentina pada hari yang sama. (junius)

REKOR PERTEMUAN:
04-03-12, Juventus vs Chievo 1-1
16-10-11, Chievo vs Juventus 0-0
10-05-11, Juventus vs Chievo 2-2
19-12-10, Chievo vs Juventus 1-1
17-01-10, Chievo vs Juventus 1-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Juventus (3-5-2): Buffon (kiper); Barzagli, Bonucci, Chiellini; Isla, Marrone, Pirlo, Marchisio, Asamoah; Matri, Giovinco.

Chievo (4-3-1-2): Sorrentino (kiper); Sardo, Dainelli, Cesar, Jokic; Luciano, Rigoni, Hetemaj; Thereau; Pellissier, Di Michele.