Tuesday, 13 November 2018

Pemerintah Tidak Berani Naikkan Harga Gas 12 Kg

Kamis, 27 September 2012 — 6:22 WIB
iluspemerintah

JAKARTA (Pos Kota) -Pemerintah tidak akan berani mengabulkan keinginan Pertamina menaikkan harga jual gas elpiji 12 kilo gram (Kg). Karena meski yang dinaikkan gas elpiji non subsidi, tetap berpotensi menimbulkan masalah di masyarakat.

“Karena itu saya meragukan harga jual gas elpiji 12 Kg akan dinaikkan, karena akan ada resikonya,” kata Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi), S Zakaria, Rabu.

Tahun 2012 saja pemerintah tak berani mengizinkan kenaikan harga jual gas elpiji 12 Kg. Tahun depan, diperkirakan pemerintah pasti juga tidak menaikkan harga gas elpiji 12 Kg karena sudah mendekati Pemilu apalagi tahun 2014 saat pelaksanaan Pemilu hampir tidak mungkin ada kebijakan yang memperburuk citra pemerintah.

TAHUN POLITIK

Bahkan bagi siapapun nanti yang terpilih jadi Presiden pada 2014 nanti, kemungkinan tidak akan berani menaikkan harga elpiji 12 kg. Jadi, ia yakin betul hingga tiga tahun ke depan, Pertamina tidak akan memperoleh restu dari pemerintah menaikkan harga jual elpiji 12 Kg.
“Semua juga tahu tahun 2013 dan 2014 itu tahun politik,” jelasnya. “Jadi untuk hal-hal sensitif seperti ini pasti dihindari.”

Seluruh parpol yang ada pasti akan berupaya ‘mencuri hati’ segala lapisan masyarakat baik golongan mampu maupun golongan tidak mampu dalam persiapan pemilu dan Pilpres 2014. (setiawan)