Saturday, 25 May 2019

Portal Ditabrak Belum Diperbaiki

Truk Hancurkan Jalan di Rumpin

Kamis, 27 September 2012 — 6:37 WIB
ilustruk

BOGOR (Pos Kota) – Sejak ditabrak truk bermuatan pasir dan batu (sirtu) pada Juni lalu, portal di Jl. Raya Cicangkal, Kecamatan Rumpin hingga kini belum diperbaiki. Alhasil, truk tambang dengan tonase besar leluasa melintasi jalan yang menghubungkan Kecamatan Rumpin dengan Kecamatan Gunung Sindur itu.

Sebelumnya sudah dua kali DLLAJ Kabupaten Bogor memasang portal di jalan ini dengan tujuan mencegah kerusakan jalan. Tapi, pemasangan portal itu dirusak massa, dan terakhir pada Juni lalu ditabrak truk tronton. Sejak itu, portal belum juga diperbaiki, padahal sejumlah warga berharap, pelaksanaan perbaikan jalan di Rumpin bisa secepatnya dilakukan.

Warga setempat dibuat kesal, selain menimbulkan polusi debu, truk-truk bertonase besar itu juga merusak jalan. Sejumlah warga pun berharap pemkab kembali memasang portal tersebut.

Asnawi, pedagang di Pasar Cicangkal mengatakan karena tiap hari jalan dilindasi truk pengangkut sirtu, jalan tak pernah bagus. “Bagaimana tidak, jalan habis diperbaiki tak lama rusak lagi. Rusaknya jalan berpengaruh terhadap minat konsumen berbelanja ke Pasar Cicangkal,” katanya.

Desakan serupa dilontarkan Kusnaedi, sopir angkot Serpong-Cicangkal. Dikatakan kondisi jalan yang hancur, membuat biaya perawatan kendaraan menjadi mahal. “Sebab itu, meski sudah ada 38 angkot trayek Serpong-Cicangkal, tapi hanya dua angkot yang mau melintasi trayek ini,” katanya.

TUNGGU KAJIAN

Kepala DLLAJ Kabupaten Bogor Soebiantoro mengatakan, pihaknya masih menunggu kajian lebih dalam lagi termasuk bermusyawarah dengan pegusaha tambang, awak armada tambang dan warga sekitar. “Kita tak mau portal dipasang lagi, tapi kembali dirusak,” katanya.

Menurutnya, sepanjang armada tambang bertonase besar masih leluasa melintasi jalan ini, pemkab tidak akan memperbaikinya. “Pemkab akan memperbaiki jalan itu jika sudah ada kesepahaman antara pengusaha tambang, pekerja tambang, awak armada tambang dan warga sekitar agar jalan ini diportal,” katanya. (iwan/si/r)

Teks : Portal di Jalan Raya Cicangkal yang ditabrak truk belum juga diperbaiki. (iwan)

  • gondo maruto

    Itu alasan klasik…..untuk memperbaiki jalan rusak kenapa harus dikaji terlalu dalam….aparat daerah memang lamban cara kerjanya