Saturday, 17 November 2018

Di Jalan Raya Ragunan

Galian Tanah Merah Bikin Macet Jalan

Jumat, 28 September 2012 — 6:23 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

PASARMINGGU(Pos Kota)–Pengendara yang melintas di Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu menilai Sudin PU Tata Air Jaksel kurang tanggap terhadap keluhan dan kemacetan akibat galian tanah perbaikan saluran air yang ada. Pasalnya, tumpukan tanah merah galian dibiarkan hingga tinggi 1 meter dengan panjang sekitar 50 meter.

“Tumpukan tanah merah tak hanya membuat ruas jalan terjadi kemacetan dan kesemrawutan tapi khawatir jika hujan akan membuat ruas jalan licin yang membahayakan pemakai kendaraan sepeda motor,” kata Ny. Linda, warga RW 04 Kel. Jati Padang, Pasar Minggu, Kamis (27/9). Harusnya tanah galian tersebut langsung diangkut.

Akibatnya, ruas jalan dari arah Pasar Minggu menuju Cilandak macet karena kendaraan harus perlahan melintas di dekat proyek galian saluran tersebut.

Kemacetan, tambah dia, semakin parah saat anak sekolah SMA N 28 ingin belajar maupun pulang sekolah. “Sudah jalan sempit ditambah dengan pelajar yang menyeberang jalan sehingga kendaraan harus perlahan,” tuturnya.

Yudi, warga Pasar Minggu, menambahkan proyek normalisasi saluran air tersebut terkesan tak profesional karena lahan galian tak langsung dibersihkan tapi ditumpuk dipinggir jalan dengan hanya membuat pembatas dari batu kali setinggi 20 Cm saja.

“Saya yakin kalau hujan jalan itu bakal kotor dan licin karena lokasi pengalian berada di bagian atas sehingga saat ada air hujan tentunya tanah akan menuju ke Kali Baru yang ada di bagian bawah atau turunan jalan tersebut,” ujarnya.

Lurah Jati Padang, Giyanto, mengakui bahwa galian tanah merah di pinggir jalan sempat diprotes dan dikeluhkan warga. “Kami sudah mengingatkan dan meminta staf PU Tata Air Kec. Pasar Minggu untuk mengecek dan meminta rekanan mengangkut tanah merah yang ada,” tuturnya.

Kasudin PU Tata Air Jaksel, Irfan, mengakui bahwa keluhan itu sudah sampai di meja dan meminta pihak rekanan yang mengerjakan proyek saluran air untuk merapikan dan mengangkat tanah merah yang dikeluhkan warga maupun pemakai kendaraan di Jl. Raya Ragunan, Pasar Minggu. (anton)

Teks :Tumpukan tanah merah di pinggir Jl. Raya Ragunan, Pasar Minggu yang dikeluhkan pemakai kendaraan dan warga. (anton)