Saturday, 21 September 2019

512 Warga Pringsewu Menderita TBC

Senin, 1 Oktober 2012 — 11:31 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

LAMPUNG (Pos Kota) –Persatuan Pemberantasan Tuberculosis Indonesia (PPTI) Kabupaten Pringsewu,Lampunh memprediksikan 512 warga Pringsewu terkena Tuberculosis (TB) atau TBC, penyakit infeksi yang disebab oleh bakteri mycobacterium tuberculosis.

Berdasarkan epidemologis angka prevelansi TB di Lampung, yakni, 160/100.000, penduduk diprediksikan sebanyak 512 orang penderita TBC berada di wilayah Kabupaten Pringsewu.

Menurut Ketua PPTI Pringsewu, Sugianto penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberkulosis, ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain, dan ditularkan orang ke orang.

Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Jika diterapi dengan benar tuberkulosis yang disebabkan oleh kompleks mycobacterium tuberculosis, yang peka terhadap obat, praktis dapat disembuhkan. Tanpa terapi tuberkulosa akan mengakibatkan kematian dalam lima tahun pertama pada lebih dari setengah kasus. Tuberculosis masih merupakan penyakit infeksi saluran napas yang tersering di Indonesia, ” kata Sugianto.

“Penularan penyakit ini, karena kontak dengan dahak atau menghirup titik-titik air dari bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi kuman tuberkulosis, anak anak sering mendapatkan penularan dari orang dewasa di sekitar rumah maupun saat berada di fasilitas umum seperti kendaraan umum, rumah sakit dan dari lingkungan sekitar rumah,”ujar Sugianto.

Pengobatannya diharapkan pasien disiplin dalam berobat setiap waktu demi pengentasan tuberculosis di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Pringsewu ini,”pungkas Sugianto.(Koesma)

Teks : Ilustrasi