Tuesday, 21 August 2018

Harga Ayam Potong di Kota Bekasi Naik

Senin, 1 Oktober 2012 — 16:09 WIB
pedagang-ayam-1

BEKASI (Pos Kota) – Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Bekasi, naik selama tiga hari terakhir. Kenaikan ini dipicu musim kemarau yang belum juga beralih ke musim hujan terutama di daerah peternak ayam.

Di Pasar Baru, bila sebelumnya harga perkilo daging ayam Rp23 ribu, sekarang menjadi Rp27 ribu. “Daging ayam harganya cepat sekali naiknya. Terakhir saya beli Jumat (28/9) masih Rp23 ribu, hari ini sudah Rp27 ribu. Sekilo cuma dapet 6 potong ukuran sedang,” keluh Ny. Heli, pembeli.

Naiknya harga ini ternyata bukannya menguntungkan pedagang, karena pembelian justru menurun sejak harga ayam potong ini naik.
“Saya terpaksa naikkan harga karena dari peternak juga naik. Alasan mereka kekurangan air sehingga berdampak pada fisik ayam,” kata Jaya, pedagang ayam di Pasar Baru.

Ayam-ayam yang dijual, kata Jaya, memang ayam yang usianya masih muda. “Peternak takut kalau nggak segera dijual, ayamnya malah mati karena kekurangan air,” katanya.

Pedagang ini mengaku terpaksa mengurangi stock ayam potongnya. Iqbal, pedagang lainnya, mengaku biasanya menjual sekitar 50-60 ekor ayam ukuran sedang hingga besar. “Sudah dari kemarin saya kurangin dulu, kayak hari ini saya cuma sedia 40 ekor ukuran sedang karena takut nggak laku,” katanya.

Harganya pun terpaksa dinaikkan dari Rp28 ribu/kilo ukuran sedang menjadi Rp32 ribu/kilo. “Ayam ukuran sedang bisa dipotong 8-10 potong, kalau yang kecil paling jadinya 6 potong dan harganya juga lebih murah paling Rp26 ribu/kilo,” lanjutnya.

Pembeli saat ini menghindari membeli ayam potong dan beralih ke ikan yang lebih murah. (Dieni)

Teks : Harga ayam potong mulai naik di Kota Bekasi.