Thursday, 23 May 2019

Kekerasan Identik Dengan Bangsa Tidak Beradab

Senin, 1 Oktober 2012 — 23:37 WIB
pencak110

SERANG (Pos Kota) – Berbagai bentuk kekerasan yang saat ini sering terjadi di tengah masyarakat menandakan idiologi bangsa yakni Pancasila sudah luntur dalam kehidupan masyarakat, terutama pada generasi muda. Konflik yang bernuansa Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA), bahkan tawuran antarpelajar tidak akan terjadi, jika Pancasila menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai Idiologi bangsa, pancasila harus menjadi tujuan dan pandangan hidup. Pancasila merupakan internalisasi dari budaya dan nilai-nilai luhur bangsa, seperti gotong royong, saling toleransi, mengedepankan musyawarah dan saling mengerti. Dengan demikian tidak akan ada tindakan kekerasan jika Pancasila menjadi pedoman hidup,” kata Wakil Walikota Serang, Nana Suryana dalam acara Apel Kebangsaan dan Kewaspadaan Masyarakat Kecamatan Serang dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Senin (1/10) sore.

Menurut Nana, setiap persoalan yang dihadapi hendaknya diselesaikan dengan bersama-sama dan menggunakan cara-cara baik, jangan dengan kekerasan, peremanisme dan bentuk tindakan anarkitis lainnya. Nial-nilai luhur bangsa ini sangat menjungjung toleransi, sehingga perbedaan pandangan, keyakinan, dan budaya bukan menjadi potensi konflik, tapi menjadi modal bagi bangsa.

“Kekerasan identik dengan bangsa yang tidak beradab. Sedangkan Indonesia adalah bangsa yang terkenal dengan keramahannya,” ujarnya.

Kapolsek Serang, Kompol Asep Mauludin mengatakan kegiatan apel kebangsaan dan ikrar anti kekerasan merupakan kegiatan positif dalam rangka menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur bangsa. Hal-hal negatif yang dapat membuat bangsa ini tidak beradab, harus ditinggalkan.

“Dengan kegiatan ini agar mereka kembali mengamalkan dan menghormati empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” ungkapnya. (haryono)

Teks : Sebanyak 200 murid SD peragakan pencak silat dalam Apel Kebangsaan dan Kewaspadaan Masyarakat Kecamatan Serang dalam rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Senin (1/10) sore.