Rabu, 3 Oktober 2012 22:45:18 WIB

Di Sekitar Pasar Gembrong

Pelebaran Jalan Semoga Bisa Atasi Kemacetan

ilusjalan

JATINEGARA (Pos Kota) – Sejumlah masyarakat terutama pengguna kendaraan bermotor berharap pelebaran Jalan Raya Basuki Rahmat, tepatnya di sekitar Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara (CBU), Jatinegara, Jakarta Timur secepatnya diselesaikan. Diharapkan pula hasil pelebaran itu mampu mengatasi kemacetan yang kerap terjadi.

Pos Kota memantau, Rabu (3/10), proyek pelebaran sudah hampir rampung. Kedua ruas jalan dilebarkan pada sisi median jalan dengan lebar sekitar satu hingga tiga meter. Di sisi kanan jalan yang sudah dilebarkan, tampak bagian jalan yang sudah dalam tahap pengerasan. Namun ruas tersebut belum dioperasikan dan masih berpembatas, karena pengerjaan belum rampung seluruhnya.

Meski pelebaran jalan dilakukan, sejumlah pengendara ragu masalah kemacetan di sana dapat teratasi. Pasalnya, kemacetan di sana bukan hanya disebabkan oleh sempitnya badan jalan dan tingginya volume kendaraan, namun juga karena adanya aktivitas pedagang kaki lima (PKL) yang beroperasi hingga ke badan jalan. Terlebih masih banyak pula kendaraan yang diparkirkan di badan jalan.

Herman, 32, seorang pengguna jalan menilai kemacetan disebabkan adanya transaksi dagang di lokasi tersebut yang dilakukan hingga memakan jalan. “Lihat saja ini, lapak PKL sampai ke jalan, belum lagi orang-orang yang lalu lalang dan parkir kendaraannya. Wajar kalau di sini sering macet,” ucapnya.

Karena itu dirinya berharap ada solusi yang diberikan pemerintah kepada pedagang agar mau pindah dari lokasi tersebut. Menurutnya, pelebaran jalan yang saat ini tengah dilakukan perlu didukung dengan adanya penertiban PKL di lokasi tersebut. “Lah kan penyebab utama kemacetan di sini karena jalannya menyempit dan digunakan PKL buat lapak. Kalau cuma dilebarin doang ya percuma,” katanya.

Fana, 27, pengguna jalan lainnya, mencoba memberi masukkan, pelebaran jalan semestinya didukung dengan penataan PKLa. Menurutnya, PKL tidak perlu direlokasi jika diberi pembatas agar pedagang dan pembeli memiliki ruang sendiri untuk bertransaksi. “Yang terjadi sekarang ini kan pembeli mondar-mandir belum lagi ada pengendara yang memperlambat laju kendaraannya karena ingin melihat-lihat. Semoga pelebaran jalan di sini jitu atasi kemacetan,” ujarnya.

Fana pun menilai, pelebaran jalan bisa saja efektif untuk mengurai kemacetan yang ada di sana. Namun menurutnya, jika hanya dilakukan pelebaran jalan, bukan tidak mungkin pedagang akan memakan badan jalan lebih lebar dari sebelumnya. Hal tersebut tentunya akan mengulang persoalan yang sama di kemudian hari. “Nah karena itu biarkan saja pedagang di situ, tapi dibuatkan pembatas. Karena kalau dipindah, kasihan mereka, kan sumber penghasilannya di situ,” jelasnya. (yulian)

Teks : Jalan di sekitar Pasar Gembrong, Jakarta Timur dilebarkan

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.