Sunday, 15 September 2019

10 Truk Sampah Diangkut Dari Saluran Anak Kali Krukut

Jumat, 5 Oktober 2012 — 16:53 WIB
sampakut510

TANAH ABANG (Pos Kota)- Sebanyak 10 truk sampah dan lumpur dikeruk dari saluran Anak Kali Krukut, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakpus Jumat (5/10). Pengerukan tahap pertama melibatkan warga dari dua RW yang dilalui anak Kali Krukut.

“Alhamdulillah, akhirnya saluran sudah bisa berfungsi lagi, bau busuk udah berkurang,” ujar Yono, warga.

Diakui warga, saluran air tersebut pada beberapa titik tertutup beton jalan. Akibatnya kegiatan pengerukan yang dilakukan warga sering kurang tuntas.

Karena itu, warga berharap agar Sudin PU Air Jakpus membangun jaring sampah pada setiap muara saluran. Dengan jaring sampah tersebut, maka air yang masuk ke saluran anak Kali Krukut kondisinya sudah bersih dari sampah.

“Kami sudah berulangkali minta supaya PU air kasih jaring sampah. Sekarang mumpung saluran sudah bersih,” katanya.

Rencananya, aksi pengerukan sampah tersebut dilanjutkan Minggu. “Kami akan mengerahkan lebih banyak warga dengan peralatan kebersihan yang lebih lengkap,” pungkas Budi, warga lainnya.

Pada aksi pengerukan sampah tahap pertama, warga berhasil mengangkut sampah sebanyak 10 truk atau sekitar 120 meter kubik dari saluran sepanjang 500 meter tersebut.

Lurah Karet Tengsin Maskur mengakui untuk membuat saluran tetap bersih, memang dibutuhkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan. “Selama perilaku warga tidak berubah, saluran akan tetap dipenuhi sampah.”

Sementara itu, Kasie Pemeliharaan Sudin PU Air Jakpus Juaini Yusuf tak bisa dikonfirmasi terkait permintaan warga untuk membangun jaring sampah dibeberapa titik. (inung)

Teks:Warga RW 06 dan 07 Karet Tengsin membersihkan sampah dan lumpur yang ada di saluran anak Kali Krukut. (inung)