Senin, 05 Desember 2016

Ribuan Warga Serbu Pameran Senjata Milik TNI AD

Sabtu, 6 Oktober 2012 — 19:11 WIB
togasioto610

JAKARTA (Pos Kota) – Ribuan warga Jabodetabek menyerbu pameran senjata berat TNI Angkatan Darat (AD) di kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu.

“Hebat, TNI AD ternyata sudah punya helikopter Apache buatan AS yang paling canggih,” sebut Eko Santoso, 33, warga Duren Sawit, Jaktim.

Eko mengaku baru melihat wujud asli Apache secara langsung pada pameran tersebut. Sebelumnya ia hanya melihat melalui layar kaca atau televisi.
Pameran alat utama sistem senjata (alutsista) TNI Angkatan Darat dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.

Pembukaan pameran dimeriahkan sejumlah artis dari musik Inbox SCTV. Ribuan pengunjung sejak pagi memadati pameran alutsista milik TNI tersebut. Pengunjung rata-rata membawa keluarganya untuk dapat melihat langsung alutsista yang dimiliki TNI AD itu. Mereka juga berfoto bersama di atas tank, panser atau helikopter yang dibeli dari dana APBN itu.

Bahkan arus lalulintas macet terutama yang dari Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Merdeka Utara.

KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo mengatakan, penyelenggaraan pameran sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Ke-67.
Pramono menambahkan, alutsista baru yang dipamerkan kali ini, seperti dua unit Meriam 155 mm/Caesar buatan Perancis itu hanya sebagai contoh saja, sementara barang-barang yang telah dipesan belum sampai ke Indonesia.

Ia pun berharap, sejumlah alutsista yang sudah dibeli TNI AD, pada 2014 mendatang sudah lengkap. Seperti, dua batalyon roket Multiple Launch Rocket System (MLRS)/Astros dari Brasil, dua batalyon Meriam 155 mm/Caesar buatan Perancis, 100 unit tank Leopard dan helikopter serang.
Alutsista yang dipamerkan oleh TNI AD ada yang lama, ada juga yang baru. Alutsista baru yang dipamerkan itu, yakni dari Artileri Medan (Armed), seperti roket Multiple Launch Rocket System (MLRS)/Astros dari Brasil dan Meriam 155 mm/Caesar buatan Perancis.

Selain dua senjata baru itu, TNI AD juga memamerkan senjata artileri lainnya, seperti Meriam 76/Trk buatan Yugoslovakia, Meriam 155/FH 2000 buatan Singapura dan Meriam 105 AMX. Untuk senjata kavaleri, TNI AD memamerkan Tank Scorpion, AMX-13 (paling banyak yang dimiliki Indonesia), Panser VAB NG buatan Pindad, Panser V 150 dan Panser Anoa. Heli serbu yang dipamerkan Heli Bell 412 dan Heli MI-17. (aby)

Teks : Helikopter milik TNI-AD yang dipamerkan di Monas banyak diminati warga. (toga)

Terbaru

Sejumlah rombongan dari organisasi kesehatan dunia seperti GAVI, WHO dan Unicef bersama Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany usai melihat pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Perigi, Pondok Aren. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:09 WIB
Tim WHO dan GAVI Tinjau Puskesmas Perigi Tangsel
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Ketua DPRD setempat u M. Romlie dan wakil ketua DPRD setempat usai pengesahan Raperda APBD tahun 2017. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:04 WIB
Disahkan DPRD
APBD Tangsel Tahun 2017 Rp 3,2 Triliun
2NE1. (ist)
Senin, 5/12/2016 — 11:03 WIB
Mantan Personel 2NE1 Coba Move On
Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo. (reuters))
Senin, 5/12/2016 — 11:00 WIB
Wakil Presiden Filipina Lepas Satu Jabatan
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Rumah Lembang.(ikbal)
Senin, 5/12/2016 — 10:46 WIB
Ahok Sebut Pejabat Terkutuk Jika Langgar Sumpah