Selasa, 9 Oktober 2012 18:09:12 WIB

Kemendikbud Sewa Hak Tayang Film Nasional

JUDULFILM910

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), akan menyewa hak tayang film produksi nasional. Untuk itu, pada 9 Oktober hingga 24 November 2012, dilakukan seleksi terhadap film-film yang sudah diproduksi tahun 1980 – 2011.

Kemudian 20 film yang lolos berdasarkan kriteria yang telah ditentukan akan ditayangkan selama satu tahun ke seluruh pelosok tanah air melalui bioskop rakyat, mobil keliling sekolah.

“Sewa hak tayang film (right) ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan perfilman dalam prospektif ekonomi maupun pengembangan karakter. Selain itu juga mendorong munculnya bentuk-bentuk baru akses pemutaran film seperti bioskop rakyat dan mobil keliling (mobil cinema),” tutur Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemdikbud, Sulistyo Tirtokusumo, di Gedung Kemdikbud Jakarta, Senin (9/10).

Sulistyo didampingi tokoh perfilman, Didi Petet, Chintami Atmanegara, Firman Baso, dan Sudibyo JS. Penyewaan ini kata dia, akan memperluas kesempatan masyarakat mengakses pertunjukan film nasional. Bagi sineas nasional, program ini pun merupakan bentuk apreasi pemerintah terhadap film karya anak bangsa yang memiliki nilai pembangunan karakter bangsa.

Mengingat pentingnya tujuan dari program sewa hak tayang film tersebut, lanjut Sulistyo, maka sasaran dari program ini adalah pembuat film, insan perfilman, pemerintah, dan masyarakat penikmat film.

Selain itu juga Direktorat Jenderal Pembinaan Kesenian dan Perfiman juga menggelar menggelar Workshop Peningkatan Kualitas Produksi Film 2012 dengan teman “Filmku Bangsaku” dengan jenis produksi fiksi dan dokumenter di berbagai kota. (rizal)

Teks Foto: Jumpa Pers Kemendikbud akan beli 20 judul film nasional (rizal)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.