Dihapus, Pelajaran Bahasa Inggris untuk SD

Rabu, 10 Oktober 2012 — 21:47 WIB
inggris-audio-visual1

JAKARTA (Pos Kota) -  Mata pelajaran Bahasa Inggris tidak boleh diajarkan pada jenjang Sekolah Dasar (SD).  Tujuannya agar  siswa dapat lebih mencintai dan menghargai budaya Indonesia serta menumbuhkan rasa nasionalisme.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan (Wamendikbud), Musliar Kasim (rizal)

“Di SD, tidak ada pendidikan mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya untuk sekolah negeri. Bahasa Indonesia saja para siswa belum tentu memahami,” ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan (Wamendikbud), Musliar Kasim dalam acara Training of Trainer Pembangunan Karakter Bangsa kepada  seratus Guru dan Kepala Sekolah se-DKI Jakarta, di  Hotel Park, Jakarta,  Rabu (10/10)

Saat ini masih banyak SD yang menerapkan mata palajaran Bahasa Inggris, baik di sekolah swasta maupun sekolah negeri. Meskipun, pelajaran Bahasa Inggris di SD merupakan mata pelajaran muatan lokal.

Menurutnya, Bahasa Inggris bukan sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Jika pelajaran tersebut diterapkan di SD, dikhawatirkan akan menambah beban belajar para siswa. Mengingat banyak jumlah mata pelajaran yang harus di ampu oleh siswa SD saat ini.

“Sekolah harus mengikuti ini. Tapi, kalau mau menambahkan, itu persoalan lain. Yang jelas, kalau sekolah negeri tidak boleh. Kasihan anak-anaknya,” ungkapnya.

Terkait dengan perubahan kurikulum, khususnya untuk SD, dijelaskan bahwa IPA dan IPS nantinya tidak akan muncul sebagai mata pelajaran. Nantinya, pelajaran tentang ilmu pengetahuan tersebut akan diintergrasikan kedalam semua mata pelajaran.

“Semua yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan itu bisa dimasukkan kedalam semua mata pelajaran, misalnya Bahasa Indonesia dan Agama. Dengan demikian, pembelajaran dan pengetahuan yang didapat oleh siswa akan lebih hidup,” ungkap Musliar.

Pasalnya, sambung dia, ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh para siswa SD tersebut belum mendalam. “Yang terpenting untuk anak SD itu adalah calistung, sedangkan untuk ilmu pengetahuan itu tidak perlu terlalu mendalam,” kata mantan Rektor Universitas Andalas itu.

Kedepan akan  terdapat enam pelajaran yang akan dipertahankan pada jenjang SD, yakni, Agama, Matematika, PKn, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, dan Penjaskes. Sedangkan untuk ilmu pengetahuan, masih dilakukan pembahasan oleh tim perumus kurikulum.

“Karena masih didiskusikan. Ada yang berpendapat bahwa bisa diintergrasikan, tapi ada yang berpendapat bahwa ilmu pengetahuan itu perlu dipertahankan,” ungkapnya

Tujuan dari perombakan kurikulum tersebut adalah untuk memberikan waktu dan kesempatan bagi peserta didik untuk membangun diri dan karakter. “Kalau sekarang kan sudah terlalu banyak palajaran, dan pekerjaan rumah yang justru membosankan, sehingga anak tidak memiliki waktu untuk mengembangkan diri,” ujar Musliar. (rizal/dms)


  • Esakti

    Kapan negara ini mau maju.Justru pelajaran Bhs Inggris harusnya ditambah lebih banyak.Lihat saja Malaysia dan Singapura. Mereka bisa maju karena Buku panduan belajarnya berbahasa Inggris.
    Walaupun Malaysia Berbahasa melayu.

    • Hilmar

      Omong kosong,….! Orang Eropa tidak mau menggunakan Bahasa Ingris, tetapi mereka maju-maju. Pendidikan harus membangun karakter, bukan membebani anak sekolah. Hapuskan semua mata pelajaran yang gak penting, seperti IPS, IPA, dan Bahasa Ingris. Matematika dan Bahasa Indonesia cukuuuuupppp…! Kemudian tambahkan dengan olah raga dan PKn.

  • Esakti

    Bahasa Indonesia otomatis pasti kita bisa karena tinggal di Indonesia.Tumbuhkan rasa nasionalisme bukan dengan cara menghilangkan bahasa Inggris. Mungkin guru SD kita masih banyak yg belum bisa berbahasa Inggris. Janganlah kita menutupi
    kekurangan kita.Berpikirlah untuk kemajuan generasi anak-anak kita supaya bisa berkompetisi dengan anak-anak dari negara lain

    • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

      Nasionalisme akan tumbuh bila pemerintahnya jujur, benar dan perhatian sama rakyatnya… ga ngefek pakai jejalin pendidikan dari kecil kalo pas udah gede ngeliatnya pejabat-pejabat BEJAT pada KORUPSI uang pajak masyarakat yang mereka hasilkan dari setiap tetes keringat dan darah mereka…

  • Esakti

    Bapak Wa-men yang terhormat. Pelajaran PLBJ dihapus gak? apakah cerita nenek gerodong dan kuda bisik dipakai di dunia kerja? sungguh memprihatinkan

    • Hilmar

      Masih banyak lagi materi pelajaran yang justru membuat anak SD menjadi bingung, bukannya tambah pintar. Hilangkan semua mata pelajaran yang aneh-aneh, habis perkara.

    • Wali Murid

      Setuju……mending PLBJ yang diapus.

  • aty

    KALO BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR DI HAPUS LALU BAGAIMANA DENGAN NASIB GURU BAHASA INGGRIS DI SD?AKANKAH DI NON JOB KAN?SEDANGKAN LAPANGAN KERJA SEMPIT, APALAGI LOWONGAN I TINGKAT SMP ATAU SMA ANGAT SEDIKIT.TOLONG DIPIKIRKAN KAMI YANG SUDAH PULUHAN TAHUN MENGAJAR ENGLISH DI SD!!!!

    • Upik

      Saya baru belajar Bahasa Ingris saat di SMP 20 tahun yang lalu. Gurunya pun gak bisa Bahasa Inggris saat itu, hanya sekedar menghapal alfabeth dan tata bahasa sekedarnya. Saat ini saya menggunakan Bahasa Inggris di tempat kerja. Mantap aja tuh,….! Hapuskan mata pelajaran yang gak penting, kasihan anak-anak, tas sekolah mereka lebih berat dari tas seorang Manager.

      • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

        Yakin loe? Kalo muji diri sendiri sih emang pasti selalu bagus… paling banter lu kalo ngomong Inggris, you know I know OK lah… hahahaha…

        • nDeboost

          Ha ha ha ha ……..(juga). Kala mau pesen Pecel Lele mosok pakai bhs Inggris? You knowlah (kalau sdh paka “lah” sudah masuk Singaporean English, sakit di kuping!!) yg gitu itu kan over acting.

      • nDeboost

        Bener tuh, mirip saya. Guru bhs Inggris di SLTP yg perlu yahud. Saya lulus ujian bhs Inggris dg pencapaian nilai optimum karena Bu & Pak Gurunya pandai mengajarkan materi ini. Waktu test masuk perusahaan (asing) utk “placement test” kursus bhs Inggris masuk “advance” bukan di “fundamental”. Kawan saya malah lebih “gila”, gak ada kelasnya karena nilai testnya yg luar biasa! Padahal guru2 bhs Inggris saya tsb ga pakai titel didepan namanya. Kok bisa ya?

  • PEDULI PENDIDIKAN

    SAYA SETUJU BHS INGGRIS,IPS,IPA,BHS DAERAH DIHAPUS, CUKUP 6 MATA PELAJARAN AJA, COBA LIHAT ANAK SD TASNYA ISINYA SEKOPER, KASIAN ANAK2 SEKARANG PELAJARAN GAK FOKUS, DI BEKASI ADA BHS SUNDA SEGALA, BUAT APA GA ADA GUNANYA BERAT2IN TAS AJA.

    • Hilmar

      Setujuuuuu,……! Anak-anak butuh bermain dan bersosialisasi, bukan dijejali pengetahuan yang aneh-aneh seperti Cinta Segitiga dan Keluarga Broken Home. Buat mereka mengerti cara bekerja sama dan saling mendukung, bukan saling berkompetisi dan menjatuhkan.

      • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

        Hahahaha… tar anak loe lulus paling jadi tukang sayur keliling dan tiap sore kerjanya cuma main bola…

    • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

      IPA itu penting, agar anak ngerti kejadian alam semuanya ada logika dibaliknya… semua bisa diprediksi. Jangan cuma selalu ngertinya tahayul, mistik… ada apa-apa, langsung diasosiasikan ke tahayul dan mistik… padahal cuma kejadian alam biasa. Bahasa sunda sih memang ngga guna, hapus aja.

      • iwan

        hehe.ngeunah ehe teu ngeunah eon. Istri/ibu/adik kamu juga buat aku gak perlu hapus aja. enak gak kata2 ini buat kamu? itulah hidup semua orang juga ingin dianggap penting. tapi yang terpenting kita semua bisa menghargai orang lain. Semua di dunia ini Allah yang menciptakan termasuk ilmu. dan semua nya berhak untuk hidup. enggak usah hawatir karena Innalloha ma’anna. Ketakutan berlebihan berarti kita sudah tidak percaya pada Sang Pencipta. Mari kita berjuang bersama.

        • HENDRA RIDWAN

          Bagamana nasib guru yang S1nya pend B. Inggris yang tugasnya ditempatkan di SD ? Apa yang harus dilakukan ? apakah harus melimpah ke SMP atau SMA, SLTA.? Bagamana dengan setatus sertifikasinya ?

      • iwan

        hehe.ngeunah ehe teu ngeunah eon. Istri/ibu/adik kamu juga buat aku gak perlu hapus aja. enak gak kata2 ini buat kamu? itulah hidup semua orang juga ingin dianggap penting. tapi yang terpenting kita semua bisa menghargai orang lain. Semua di dunia ini Allah yang menciptakan termasuk ilmu. dan semua nya berhak untuk hidup. enggak usah hawatir karena Innalloha ma’anna. Ketakutan berlebihan berarti kita sudah tidak percaya pada Sang Pencipta. Mari kita berjuang bersama.

  • PEDULI PENDIDIKAN

    INTINYA MATA PELAJARAN SD DIKURANGI, …GA PERLU BANYAK KAYAK SEKARANG INI, BNYK BANGET…..GA ADA WAKTU BERMAIN U ANAK, SAMPAI DIRUMAH,NGERJAIN PR INI DAN ITU…..

    • kesel buanget

      lo ngaku peduli pendidikan tp otak lo gk peduli pendidikan, peduli lo yg kya gmana, bnyak pelajarannya aja prilaku anak bnyak gk bner pa lg peljarannya bnyak yg dihapus pk mendikbud, wamennya ama lo sma aja NAIF….!!!

      • anonim

        emangnya anak punya waktu bermain terus karakternya baik? mainnya aja game yang penuh kekerasan, jelas2 bungkusnya berlabel 18+ tetep dikasih anak SD, bodoh kok dipiara

  • Ava

    Hah dihps?? Keterlaluan -__- untung sa sdh lulus sd

    • Lebai

      Udah lulus tapi gak pintar, percuma saja.

  • budi

    HEBAT, satu pemikiran yang telah lama saya angankan…!!!

    • kesel buanget

      angan2 apa bang, matiin kerjaan orang ,,,!? gokil yg se gokil2nya lo!!!!

      • hilmar

        Gak usah takut nganggur, yang penting anak SD cukup waktu untuk bermain dan bersosialisasi.

  • mr musafir

    kalau bahasa inggris di hapus mau jadi apa negara kita di masa yang akan datang,, goblok looh

    • Casciscus

      Emangnya orang yang bisa Bahasa Ingris itu sudah jaminan pintar..?????

      • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

        Ya jelas, setidaknya ngga kayak kambing congek kalo sedang berhadapan dengan kolega dari LN…

  • Logika dong

    IPA diintegrasi ke agama? Maksutnya versi yang udah diedit? Mana bisa bang….ini wakil menteri sama menteri pendidikan kok lebih bodoh dari orang kebanyakan. “Anak2! Ilmuwan bilang nenek moyang kita monyet, kamu percaya itu atau kata Alquran ayoo?” Yah, dari kecil udah di brainwash, saya prihatin masa depan anak2 sama indonesia. Kalo saya punya anak, saya mesti ajarin pelajaran tambahan di rumah, atau dikasih les. Yang mau bisnis kursus IPA bisa nih.

  • Logika dong

    IPA diintegrasi ke agama? Maksutnya versi yang udah diedit? Mana bisa bang….ini wakil menteri sama menteri pendidikan kok lebih bodoh dari orang kebanyakan. “Anak2! Ilmuwan bilang nenek moyang kita monyet, kamu percaya itu atau kata Alquran ayoo?” Yah, dari kecil udah di brainwash, saya prihatin masa depan anak2 sama indonesia. Kalo saya punya anak, saya mesti ajarin pelajaran tambahan di rumah, atau dikasih les. Yang mau bisnis kursus IPA bisa nih.

  • Logika dong

    Belajar bahasa asing makin tua makin susah. Apalagi ini kan bhs. inggris kepakai dimana2. Keliatan banget level bhs.inggris orang yang belajar dari kecil dibandingin yang baru belajar sekitar usia remaja. Memang mungkin TK terlalu cepat, tapi kelas 3 SD itu sudah pas menurut saya. Mudah mudahan menteri yang selanjutnya bisa berpikir dengan otak yang jernih, bukan dari prinsip “Barat itu pengaruh jelek, semakin Arab semakin baik.”

    • Ontel

      Bahasa Arab juga gak usah terlalu dibebani terhadap anak-anak.

    • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

      Bahasa arab sih ngga penting sama sekali… buat apa dipelajari?

  • Logika dong

    Belajar bahasa asing makin tua makin susah. Apalagi ini kan bhs. inggris kepakai dimana2. Keliatan banget level bhs.inggris orang yang belajar dari kecil dibandingin yang baru belajar sekitar usia remaja. Memang mungkin TK terlalu cepat, tapi kelas 3 SD itu sudah pas menurut saya. Mudah mudahan menteri yang selanjutnya bisa berpikir dengan otak yang jernih, bukan dari prinsip “Barat itu pengaruh jelek, semakin Arab semakin baik.”

  • Logika dong

    Bhs. Indonesia kebanting sama bhs. inggris di sekolah? Menurut saya pelajaran bhs. inggris saya di SD ga mempengaruhin itu sama sekali. Yang ada dari SD, SMP, SMA bhs. indonesia yang diajarin itu2 saja. Majas, tanda baca, puisi juga sama terus, itu kan berarti waktu yang diberikan lebih dari cukup buat material nya. Kenapa murid2 tidak diperkenalkan lebih jauh ke literatur? Dari pada material cuma tata bahasa terus menerus, bhs inggris dihilangkan juga tak ada gunanya

  • Logika dong

    Bhs. Indonesia kebanting sama bhs. inggris di sekolah? Menurut saya pelajaran bhs. inggris saya di SD ga mempengaruhin itu sama sekali. Yang ada dari SD, SMP, SMA bhs. indonesia yang diajarin itu2 saja. Majas, tanda baca, puisi juga sama terus, itu kan berarti waktu yang diberikan lebih dari cukup buat material nya. Kenapa murid2 tidak diperkenalkan lebih jauh ke literatur? Dari pada material cuma tata bahasa terus menerus, bhs inggris dihilangkan juga tak ada gunanya

  • UCUP

    BETUL SEKALI ,TERNYATA WAWASAN PAK WAMEN INI SANGAT LUAS SEKALI,, ANAK INDONESIA TIDAK PERLU PINTAR 2 , CUKUP JADI KULI AJA,BIAR GAMPANG DIBOHONGI ,SEKARANG KAN ASET ASET SUDAH DIKUSAI ASING ,APALAGI MIGAS ,JADI KALO ANAK INDO PINTAR NANTI BERONTAK ALIAS DEMOOOOOOO

    • Si Pintar

      Yang pintar-pintar yang justru banyak menghamba pada dominasi asing, yang memiliki nasionalisme yang berani bersuara, “OKE, GUA GAK PINTAR, TETAPI GUA ADA”

      • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

        Ya itu kan yang seperti tukang ojek, tukang rujak, tukang sayur, tukang ikan, dll… bagus juga sih, jadi nanti kalo gw cari kerjaan ngga terlalu banyak saingan. Setidaknya gw selangkah lebih maju karena lebih mahir berbahasa Inggris…

    • Si Doel

      Bnyk koq org sukses yg cuma pendidikan SD ,
      Sebaliknya yg mahasiswa kerja nya cuma tawuran aja!
      Percuma pendidikan intelek kalo tingkah laku kayak preman!

      • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

        Lu bandinginnya udah akurat belum? Definisi banyaknya berapa? Apakah ada 50 juta lulusan SD yang berhasil mandiri dibandingkan 50 juta lulusan Universitas yang berhasil mandiri? Lulusan SD tuh ujung2nya cuma jadi pedagang… kalo dikasih kerjaan yang mengandalkan logika dan otak, biasanya ngga bisa maksimal karena wawasannya sempit…

  • sukwan

    bagus benar pemikiran bapak, apa bapak tidak memikirkan nasib guru yg mengajar bahasa inggris, semoga allah melaknat dengan azab yang pedih bagi penguasa yng menutup rejeki para guru.

    • kesel buanget

      SETUJU BUANGETTT….!!!

  • kesel buanget

    miris bener baca alasan2nya,,,, selain menghapus n me-merger pelajaran2 itu apa gk ada kerjaan lain apa…!? tahukah bpk2 yg “terhormat” dengan mengajar b.inggris d sd saja kesejahteraan sangat minim apalagi kalo di hapus tentunya mereka semua bakalan jadi penganggur, bpk2 punya anak kan? kalau posisi mereka ada pada anak-anak bpk bgaimana…!? kalau ngomong hati-hati doonk, bpk2 adalah ptinggi di dunia pendidikan tp perbuatan dn omongannya kok kaya orang2 yang tidak peduli akan pendidikan, lucu, memprihatinkan dan menyedihkan….

  • wamen goblok

    pak wamen kalo lu blo’on jangan ngajak ngajak,boss

    • Mantan Wamen

      Bahasa sampean tertalu kasar, tidak mencerminkan orang yang cerdas…!

      • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

        Ngga perlu buruk muka cermin dibelah… kalau memang wamennya bodoh, ya akui saja bodoh… bisa-bisanya dia bilang bahasa Inggris ngga susah dipelajari, liat tuh SBY di konferensi celingak celinguk ga bisa jawab pertanyaan wartawan… sibuk cari penerjemahnya. Kalau bahasa Inggris dianggap ngga susah dipelajari, bahasa Indonesia jauh lebih mudah! Jadi sekalian saja hapus bahasa Indonesia, toh suka ngga suka tuh anak akan bisa bicara bahasa Indonesia secara otomatis…

  • Lina

    ntar anak udah SMP masih belajar inggris ABCDEF, di SMU baru berlajar This is a dog. mati gua…, kok bisa ada wamen bloon kek gini.

    • Guru

      Gak bisa Bahasa Ingris bukan berarti gak pintar, Bisa Bahasa Ingris belum tentu cerdas! Bahasa adalah keterampilan yang bisa dipelajari pada usia berapa pun. Yang penting sekolah bukan untuk menambah beban anak-anak, tetapi membuat mereka semakin menemukan jati dirinya. Enam mata pelajaran cukup, satu mata pelajaran setiap hari, tanpa PR.

      • guru ingg

        pengajaran ingg di sd tuh memberikan pondasi atau dasar sangat nanti belajar di smp.bener sis lina. lah nek sd ga belajar b ingg, smp yo paling lagi belajar abcde msh dasar2 gitu.apalagi untuk smp b ingg sudah di un kan. lah njuk kepie jal

      • anonim

        gak bisa Bahasa Indonesia juga bukan berarti gak pintar, toh kenyataannya pelajaran apresiasi sastra tidak banyak gunanya di dunia kerja, ya to?

  • Hilmar

    Menurut saya malah pelajaran di SD cukup MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA, dan BAHASA INGRIS. Untuk membangun karakter berikan ekstrakulikuler berupa belajar Not Balok dan Olah Vocal. Saya yakin mereka akan menjadi ilmuwan handal pada saat usia 20 tahun.

  • nomen

    Saya tidak setuju dengan menghilangkan Mata Pelajaran B inggris, Bahasa Ingris harus diperkenalkan sejak dini, sebaiknya ditambah frekuensinya. Yang salah adalah sistem pembelajarannya yang seperti belajar sains. Untuk semua pelajaran di SD harusnya ajarkan tanpa penekanan biar tidak menjadi beban. Itu yang harus dirumuskan oleh Menteri, bukan menghilang-hilangkan materi belajar.

  • olin

    Bpk Wamen yang terhormat…. Sebenarnya yang salah itu bukan masalah materi pelajarannya. Yg plg tepat adalah SDM-nya. Menurut pengamatan saya, guru-guru jaman sekarang bisanya hanya memberikan PR untuk menambah nilai bukan untuk mengukur tingkat kemampuan anak menyerap pelajaran yg sdh dijelaskan. Makanya byk guru-guru sekolah skrg bahkan guru SD yg tdk berkompeten buka tempat les dimana-mana hny mengharapkan anak-anak takut nilai gak bgs kl tdk mengikuti les sang guru. Intinya: Guru-guru jaman skrg kesejahteraannya sdh sgt bgs, tp msh krg puas jg dgn menggerogoti kantong ortu dgn cara menyuruh les. (Buka les di rmhnya).

  • http://www.facebook.com/bagong.kusdiharjo Bagong Kusdiharjo

    Kalo Bhs Inggris tidak diajarkan sejak SD kita ketinggalan pak..kenapa kita dilecehkan oleh negara tetangga..karena kita dianggap lemot..bhs inggris aja masih gagap

    • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

      Ngga usah khawatir, masih tetap bisa kerja di LN… tapi cuma jadi TKW dan TKI/kuli bangunan hahahaha…

  • http://www.facebook.com/pecel.lele.982292 Pecel Lele

    Pantas kualitas bangsa ini ngga maju-maju… wamendikbud-nya aja dungu kayak gini. Kalau bahasa Inggris tidak susah dipelajari, apalagi bahasa Indonesia? Jauh lebih gampang kan? Ngga ada tenses, mau past tense cuma ditambahin KEMARIN, sisanya sama persis… bagus juga sih, biar sampai kiamat orang2 lulusan sekolah beginian dijadikan kuli dan kacung… hehehehe…

  • http://www.facebook.com/anisah.subandono Anisah Subandono

    BAPAK INI BGMN TO, MASAK ANAK INDONESIA TIDAK PERLU PENGETAHUAN, BIAR MUDAH DIBOHOONGI PENJAJAH

  • http://www.facebook.com/anisah.subandono Anisah Subandono

    TERUS GIMANA NASIB GURU YANG MENGAJAR MAPEL YANG DI HAPUS? KAN QT JADI 3 G ( GALAU, GELISAH , GUNDAH ).AP KULI HARUS SARJAN, WOW……………… KEREN

  • UNTUNGSETIA

    buruk muka cermin dibelah,coba ikuti cara jokowi,apa gurunya tdk bisa ngajar?murid tdk mampu kursusdll,bayangkan sekolah dgn kambing,mau roboh,gaji guru,kekurangan guru dll

  • UNTUNGSETIA

    gimana kalu situkang jalan2jokowi suruh ajak wamen ninjau sekolah2jangan cuma ambil gajinya aja

  • Wong Inggris

    Astaga… gimana ni SBY punya Wamen kaya gini…. jangan2 dia Inggrisnya merah mlulu waktu dulu SD….

  • fajar

    Kalo pelajarannya terasa susah, jangan pelajarannya di hilangkan, perbaiki kurikulum, sistem, dan cara penyampaian materi.,

    kaki kena duri, cabut durinya, jangan kakinya di potong!

  • awoeng

    Saya kerja di dalam negeri 5 juta…disini $3000…kerjaan sama…ini karena bhs inggris pak wamen….

  • otak otak tengiri

    Pasti cucu si pak wamen Inggrisnya bodo, makanya pelajaran bhs inggris mau die hapus. Masak SMA baru belajar “You are a dog”, bgmana bisa becanda sm bule??? Terus terang pusing mikir logikanya. Pak kalau mau ngajak bangsamu, ngajaklah untuk pandai. Kalo mau bodo, sendiri aja sama keluarga jangan ajak2 semua bangsamu.!!!! Kalau masalah Nasionalis, Kita semua siap mati untuk Indonesia !!!

  • Akhfa

    sebaiknya dikaji ulang dulu, klo mnurut sy bhs Inggris memang kurang tepat untuk anak SD kls. I sapai kls III, dari pengalaman anak sy sndiri memang memberatkan, pasalnya anak kls I SD baru belajar melancarkan baca tulis yg sifatnya tulisan dan cara membacanya sesuai huruf dihadapkan dg bhs Inggris yg antara tulisan dan cara membacanya berbeda, menurut sy sbaiknya bahasa Inggis diterapkan di SD mulai dari kls IV, karena anak kls IV Sd sudah bisa memahami huruf dan bacaan lebih lancar.

  • bagong

    kesian yg di kampung pak wamen… jarang t4 kursusan b. inggris.. kalo di SD (B. Inggris) dihapus, makin bodoh (aja) org yg sekolah di kampung….

  • Curhater

    Hanya sekedar curhat:
    Pertama kali mengajar B. Inggris di SMP Negeri di Kabupaten (maaf tak disebutkan dimana, tapi ini adalah pelosok, tetapi saya tinggal di kota). Agak aneh saat saya mengajar di SMP Negeri saat pertama kali. Why? karena ternyata banyak anak yang tidak bisa Bahasa Inggris, mereka mengetahui Bahasa Inggris cuma lewat TV saja, alhamdulilah kalau yang positif, tapi ini mayoritas negatifnya seperti kata “fuxx”, “what’s up dox”, haha, bahkan mereka tidak mengerti apa maksudnya. Bukan hanya itu, kurikulum untuk jenjang SMP sudah tinggi, tapi mereka tak ada dasar sama sekali atau dapat dibilang “nol”, tidak mungkin saya mengajar dari “nol”, membutuhkan proses lama. Bisa saja saya membuka kursus, tapi tidak semua bisa mengikuti karena terbentur biaya (mereka bilang bisa sekolah saja Alhamdulilah, maunya sih kursus gratis, tapi saya hanya orang yang berkecukupan). Ini yang membuat saya pindah ke SD Negeri, dan awal ketika mengajar disana adalah kegembiraan buat saya dikarenakan anak² menerima sekali pelajaran ini dan bahkan Orangtua banyak yang berterimakasih dengan adanya pembelajaran B. Inggris di SD Negeri. Selain itu mereka sudah punya dasar untuk belajar di Sekolah lanjutan. Jadi, untuk pemerintah janganlah dihapus pembelajaran ini, bukan cuma untuk ketenangan para Guru di SD Negeri, tapi murid yang “pure” ingin belajar.

    • http://www.facebook.com/wiwik.wahyuni2 Iwieck Wahyuni

      bener banget, dengan di hapusnya pelajaran bahasa inggris nanti berati pembodohan bagi anak2 mereka akan semakin buta dengan dunia luar.

  • armawati

    jd guru bhs inggris yg udah PNS di sd mau Dikemanakan klu itu sdh berlaku

Terbaru
Terpopuler
Jumat, 4 September 2015 — 19:11 WIB
Korupsi
Jumat, 4 September 2015 — 19:08 WIB
Uncategorized
Jumat, 4 September 2015 — 19:00 WIB
Tangerang
Jumat, 4 September 2015 — 18:39 WIB
Beraksi di Restoran dengan Modus Geser Tas
Dua dari Tiga Maling Perlente Dipincangi Polisi
Perampokan dan Pencurian
Jumat, 4 September 2015 — 18:28 WIB
Narkoba
Jumat, 4 September 2015 — 18:19 WIB
Hankam
Jumat, 4 September 2015 — 18:16 WIB
Peristiwa
Jumat, 4 September 2015 — 18:06 WIB
Bola
Jumat, 4 September 2015 — 17:56 WIB
Jakarta
Jumat, 4 September 2015 — 17:45 WIB
Internasional