Belum Final, Rencana Penghapusan Pelajaran Bahasa Inggris di SD

Kamis, 11 Oktober 2012 — 20:00 WIB
Mendikbud M Nuh

JAKARTA (Pos Kota) -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum dapat memastikan apakah akan  menghapus mata pelajaran Bahasa Inggris dari kurikulum Sekolah Dasar (SD).  Mendikbud Mohammad Nuh bahwa penghapusan mata pelajaran untuk SD itu masih belum final.

“Masih belum final. Tapi kemungkinan untuk itu ada dan terbuka. Sebelum diputuskan mata pelajaran dan kurikulumnya, kami uji publik dulu. Karena hasil diskusi kan belum bisa dijadikan pegangan,” kata Mohammad Nuh di kantornya, Kamis (11/10).

Menurut M. Nuh, wacana itu kan berkembang di masyarakat. Sehingga belum ada kepastian untuk menghapus mata pelajaran Bahasa Inggris di SD. Sebab kata Nuh, untuk membuat kurikulum baru, harus dirumuskan dan dilaporkan ke Wakil Presiden.

“Untuk membuat kurikulum baru harus dilaporkan dulu ke Wakil Presiden. Kemudian digodok, lalu dilakukan uji publik, kemudian di kembalikan lagi. Barulah kemudian diputuskan setelah dirumuskan,” katanya.

Munculnya penghapusan mata pelajaran Bahasa Inggris di SD  lantaran dilontarkan oleh Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan  Musliar Kasim  bahwa ada wacana akan menghapus dari kurikulum wajib siswa SD yang akan diberlakukan pemerintah pada tahun ajaran 2013-2014. Alasannya, keberadaan mata pelajaran tersebut membuat siswa tidak fokus mendalami kemampuan belajar Bahasa Indonesia. (rizal/dms)

  • http://www.facebook.com/erick.thefreak Ser Erick Jelex

    English is an in ternasional language.
    penghapusan itu bukan solusi yang tepat.
    tapi yang jelas,ketidak fokusan dari mendalami pelajaran bahasa Indonesia itu bukan karna bahsa inggris,tapi mungkin karna kurangnya ketertarikan opeserta didik.
    tolong pak wakil mentri,DIPERTIMBANGKAN DENGAN SANGAT DAMPAKNYA.

  • tunggul

    goblok keputusan yg goblok…sy rasa ini ada kalitannya dgn kapitalisasi di dunia pendidikan…hanya org berduit yg bisa belajar dgn mutu terbaik..keputusan yg sangat tolol

  • Mustofa

    Menghapus Bahasa Inggris berarti mengingkari globalisasi dunia. Sangat tidak masuk akal Bahasa Inggris menjadi alasan gagalnnya Belajar B Indonesia.

  • Esakti

    Ada apa dengan Departemen pendidikan kita? sepertinya pejabat kita alergi sekali dengan Bahasa Inggris.Kapan kita bisa berkompetisi dengan negara lain.Negara Malaysia saja yang berbahasa melayu, sudah menstandarisasi buku pelajarannya dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • Esakti

    Jam pelajaran Bahasa Inggris harusnya ditambah bukan dikurangi.Mau jadi apa negeri ini, kalau anak bangsa kita nggak bisa berbahasa Inggris. Tinggal di Indonesia pasti otomatis bisa berbahasa Indonesia.Apa sih susahnya bahasa Indonesia?Saya lebih bangga anak bangsa ini lebih jago berbahasa Inggris dari pada bahasa Indonesia.

  • Efirman

    Mungkin anaknya Pak Musliar Kasim tidak bisa berbahasa Inggris,jadi malu dipublikasikan ke media ! Kalau menurut saya, PRIVATkan anaknya Pak,jangan masyarakat jadi korbang kebodohan bapak !

  • oneil

    Kementerian Pendidikan Akan Menghapus Pelajaran Bahasa Inggris Dari Tingkat SD Itu Merupakan tindakan Pembodohan Generasi MUDA.. Bagaimana Tidak….yang sekarang di SD sudah ada bahasa Inggris saja Anak SMP masih kesulitan apalagi tidak ada pelajarannya PAK BOSS!!!!!!KALAU SAYA PIKIR ITU MERUPAKAN BAGIAN DARI POLITIK SAJA………JANGANLAH MEMBUAT NEGARA INI SEMAKIN KACAU DENGAN KEBIJAKAN YANG TIDAK MEMPEDULIKAN RAKYAT…..APA ANDA YANG MEMBUAT KEBIJAKAN MEMIKIRKAN NASIB RIBUAN GURU BAHKAN RATUSAN RIBU GURU BAHASA INGGRIS YANG ADA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR……TOLONG BERFIKIR YANG REALISTIS BOSSSSSS!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • http://www.facebook.com/Bayou.Khotib Bayou Khotib

    Apa cuma itu alasan KEMENDIKBUD berencana Menghapuskan B.Inggris di SD,,,????
    Seharusnya Bapak juga hrus fikirkan nasib Anak Indonesia ke depan,,,,
    Kalo tidak dari dasar di ajarkan bagaimana anak Indonesia bisa bersaing,,,, ,,,,???
    B.Indonesia Penting Bangat sebagai Bahasa kita,,,, ,,,,
    B.Inggris juga penting Pak cz bahasa Inggris @ bahasa internasional,,,, ,,,
    kalo emang benar di berlakukan berarti kalo ada apa2 di kedepan,,,, ,,,,
    KEMENDIKBUD N WAMEN KEMENDIKBUD lah yng paling bertanggung jawab,,,, ,,,

    • Me

      KEMENDIKBUD N WAMEN KEMENDIKBUD lah yng paling bertanggung jawab???

      klo bangsa ini tambah bodoh di tahun2 mendatang mereka sudah pensiun dan duduk manis menikmati hasil proyek pembuatan kurikulum 2013

  • Sri wahyuni

    Alasan siswa tidak fokus pd pelajaran bahasa indonesia krn ada pelajaran bahasa inggris itu sangat mengada-ngada,siswa yg mana? Seharusnya perlu diacungkan jempol klo anak sd sdh pandai berbahasa inggris, ini malah mo dihapus. Jd tanda tanya besar, ada apa ini?…..

Terbaru
Terpopuler
Senin, 3 Agustus 2015 — 0:17 WIB
Sumatra
Minggu, 2 Agustus 2015 — 23:54 WIB
Narkoba
Minggu, 2 Agustus 2015 — 23:36 WIB
Pembunuhan dan Penganiayaan
Minggu, 2 Agustus 2015 — 23:26 WIB
Bola
Minggu, 2 Agustus 2015 — 23:12 WIB
Peristiwa
Minggu, 2 Agustus 2015 — 22:50 WIB
Peristiwa
Minggu, 2 Agustus 2015 — 22:41 WIB
Politik
Minggu, 2 Agustus 2015 — 22:03 WIB
Bekasi
Minggu, 2 Agustus 2015 — 21:56 WIB
Jakarta
Minggu, 2 Agustus 2015 — 21:45 WIB
Peristiwa