Friday, 16 November 2018

Jadi Mukol Untuk SD se- Bekasi

Budaya Bekasi Masuk Kurikulum

Kamis, 11 Oktober 2012 — 6:53 WIB
ilusbudaya

BEKASI (Pos Kota) – Sejarah dan Budaya Bekasi bakal dimasukkan dalam kurikulum muatan lokal (Mulok) di sekolah-sekolah di Kota Bekasi pada 2013. Dinas Pendidikan Kota Bekasi tengah menyiapkan buku panduannya.

Penulis buku panduan sejarah dan budaya Bekasi, Andi Sopandi, mengatakan, muatan lokal tersebut akan dimulai dari standar kompetensi guru dan kompetensi dasar.

Namun, muatan lokal tersebut tidak serta merta langsung diterapkan di SD dan SMP, ada tahapan yang harus dilalui, seperti uji pakar guna melihat apakah buku tersebut layak diberikan kepada siswa Sekolah Dasar, dari segi bahasa dan gambar yang ditampilkan.

Selain itu juga akan dilakukan uji tingkat sekolah guna mengetahui respon dari siswa dan guru ataupun dari pihak sekolah yang ditentukan berdasarkan kecamatan kepada SD dan sub rayon untuk SMP.

“Selanjutnya setelah semua berjalan, tahun 2013 nantinya buku muatan lokal ini secara serentak akan digunakan di seluruh Sekolah Dasar se-Kota Bekasi,” kata Andi, usai memberi sosialisasi kepada para guru seni budaya se-Kota Bekasi, di Kantor Dinas Pendidikan, kemarin.

Buku tersebut sendiri berisi tentang sejarah dan aspek wilayah, bahasa dan sastra, kuliner, bangunan bersejarah, permainan sejarah anak, dan upacara adat Bekasi. “Tentunya penyusunan buku tersebut sudah melalui riset yang mendalam. Kami meminimalisir kesalahan dari penyajian materinya,” imbuhnya.

Dikatakannya, muatan lokal sejarah dan budaya Bekasi tersebut ditujukan untuk mengenalkan kepada para siswa tentang identitas kebudayaan dan sejarah Bekasi serta menanamkan karakter budaya. Hal tersebut sesuai dengan Perda No 25 Tahun 2003 tentang pelestarian budaya lokal dan pendidikan karakter.

“Buku sejarah dan budaya Bekasi, akan menjadi muatan lokal dan segera diterapkan kepada siswa SD kelas 4, 5 dan 6 dan SMP kelas 7,8,9 dan secara bertahap segera disosialisasikan ke tingkat SMA,” kata dia. (Dieni)