Wednesday, 19 September 2018

Rp 59 Juta Ditilep Dukun Pengganda Uang

Sabtu, 13 Oktober 2012 — 15:14 WIB
gandauang1310

JAGAKARSA (Pos Kota) – Tergiur mendapat uang melimpah dari bisnis penggandaan uang, seorang ibu rumah tangga tertipu dukun sebesar Rp59 juta di kawasan Jagakarsa, Jaksel.

Merasa tertipu, korban Dewi, 30, melaporkan kasus tersebut ke Polsek Jagakarsa. Ia berharap polisi bisa meringkus pelaku yang sudah membawa kabur uangnya.

Menurut Dewi, penipuan itu berawal saat dirinya ketemu dengan Iwan di Jalan Kebagusan II, Jagakarsa.

“Iwan menyebut ada kerabatnya yang bernama Ki Jakalelana bisa menggadakan uang dalam waktu cepat dengan ritual tertentu,” ujarnya.

Karena tutur kata yang ramah, Dewi akhirnya tertarik untuk menggandakan uang. Modusnya dengan cara uang tersebut dimasukkan dalam kotak yang diritualkan oleh Ki Jakalelana.

Melalui Iwan, pelaku minta uang Rp3,5 juta kepada korban sebagai uang muka untuk acara ritual yang akan dilakukan tersebut.

Setelah dilakukan ritual, pelaku datangi rumah korban dan meminta uang kembali sebesar Rp9 juta untuk membeli 3 lembar uang ratusan yang akan dimasukan ke dalam kotak untuk ritual selanjutnya.

Tak lama kemudian, pelaku minta uang lagi hingga total sebesar Rp59 juta. “Ternyata penggandaan uang itu hanya upaya pelaku untuk menipu harta korban,” kata Kapolsek Jagakarsa, Kompol M.Arsalam. (Tiyo)

Teks : Ilustrasi