Jumat, 19 Oktober 2012 23:42:11 WIB

Untuk Kalangan Miskin

Rumah Susun Dibangun di Tanah Abang

ilusrumah

JAKARTA (Pos Kota) – Rencana Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama untuk ‘meminggirkan’ orang kaya dari pusat kota bukan isapan jempol belaka. Tahap awal rencana pembangunan apartemen untuk warga kelas menengah ke bawah dimulai di wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI, Novizal, pihaknya saat ini tengah membuat Detail Enginering Desain (DED) masterplan terhadap pembangunan apartemen tersebut. Tanah seluas 1,3 hektare milik Pemprov DKI berada di wilayah Jati Pinggir dekat Stasiun Tanah Abang. “Kami telah mengusulkan pemanfaatan lahan tersebut kepada gubernur,” ujar Novizal, Jumat (19/10).

Jika disetujui lahan seluas 1,3 hektar tersebut bisa dibangun tiga tower dengan ketinggian 18 lantai. Diperkirakan ketiga tower tersebut bisa menampung sebanyak 1.500 kepala keluarga, atau masing-masing tower ditenpati oleh 500 kepala keluarga.

Dikatakan Novizal, di lokasi tersebut juga masih bisa dilakukan pembebasan lahan milik warga seluas 3.000 meter persegi untuk perluasan. Sehingga luas lahan bisa mencapai 1,6 hektar. Dalam pembangunannya, sengaja tidak disediakan lahan parkir mobil. Sebab apartemen murah tersebut diperuntukan bagi warga miskin dan pedagang.

JEMBATAN PENGHUBUNG

Bahkan untuk menunjang mobilitas warga, rusun tersebut nantinya juga akan dibangun jembatan penghubung dengan Pasar Tanah Abang. Penyediaan apartemen murah ini juga efektif menekan mobilitas warga daerah mitra yang kebanyakan membuka usaha di pasar tekstil terbesar se-Asia tersebut.

“Dengan adanya apartemen ini, pedagang tersebut tidak lagi jadi warga commuter. Sehingga berimplikasi pada pengurangan kemacetan,” ucap Novizal.

Novizal mengungkapkan penyediaan apartemen bagi warga miskin ini lebih merujuk pada pemanfaatan aset Pemprov DKI. Mengingat telah banyak dari pihak pengembang swasta yang telah membangun apartemennya di tengah kota.

Sebelumnya seperti diberitakan , Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok ini siap menggusur orang kaya ke daerah pinggiran kota dan merealisasikan rencana membangun apartemen untuk warga kelas bawah. “Jakarta akan dibangun dengan mengedepankan kebutuhan orang miskin.”

Kebijakan ini dikatakan Ahok sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan. Pasalnya kemacetan diantaranya terjadi karena banyaknya karyawan yang berdomisili di daerah mitra bekerja di Jakarta. Karena kebanyakan dari mereka tidak mampu memiliki tempat tinggal di ibukota karena harganya mahal.(guruh)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.