Diberlakukan Pemkab Bogor

Akte Kelahiran Diurus di Kecamatan

Senin, 22 Oktober 2012
terbitkom2210

BOGOR (Pos Kota) – Proses akta kelahiran untuk anak satu tahun ke bawah di Kabupaten Bogor bakal dikoordinir ke kecamatan. Selama ini proses pembuatan akta kelahiran langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), tanpa melalui kecamatan.

“Nantinya camat akan menjadi sentralisasi pendataan akta. Camat hanya mengkoordinir akta kelahiran usia satu tahun ke bawah lalu setelah lengkap dibawa ke Disdukcapil, sebab yang mendatangani akat kelahiran itu bukan camat” ujar Riyadi Budiono, Sekretaris Disdukcapil, Senin.

Sedangkan tujuannya, untuk memudahkan warga dan kecilnya biaya yang harus dikeluarkan, khususnya biaya transportasi pemohon. Dia juga menyebutkan, ke depan pelayanan akan dilakukan dimana si anak itu lahir. “Tapi rencana ini masih menunggu MoU antara bupati dengan Pengadilan Negeri, dan dengan Pengadilan Agama yang menyangkut isbat nikah,” jelasnya..

Selama ini yang menjadi hambatan, masih banyak anggota masyarakat yang tidak punya surat nikah, atau nikah amil saja. Sedangkan isbat nikah bisa memiliki surat nikah sebagai sarat akta kelahiran untuk ke pengadilan.

“Tujuan kegiatan ini mempermudah masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran, karena hingga saat ini baru 27 persen warga Kabupaten Bogor yang memiliki akta lahir,” ucapnya seraya berharap seluruh masyarakat bisa memiliki akta lahir secara mudah. (iwan)

Foto ilustrasi

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.