Monday, 11 December 2017

Laporan Dari Tanah Suci

Jemaah Minta Petugas Kibarkan Merah Putih di Sekitar Masjidil Haram

Senin, 22 Oktober 2012 — 12:47 WIB
kabah

JAKARTA (Pos Kota) – Jemaah haji Indonesia meminta ada petugas haji Indonesia yang tugasnya mengkibar-kibarkan Bendera Merah Putih di sekitar Masjidil Haram, karena selama ini mereka kesulitan untuk mencari petugas haji di Masjidil Haram.

Demikian pesan singkat (SMS) seorang jemaah Indonesia bernama Rahmat Satria, dari Kloter 46 Embarkasi Jakarta yang diterima di Jakarta, Senin. Dalam pesannya itu menyebutkan, meminta Menteri Agama Suryadharma Ali perintahkan petugas haji berada di sekitar Masjidil Haram dengan mengkibarkan Bendera Merah Putih.

“Kibaran bendera kebangsaan di sekitar Masjidil Haram juga dilakukan petugas haji Malaysia dan Turki dengan menggunakan kayu yang dipasang bendera kebangsaan mereka, sambil dikibar-kibarkan, sehingga jemaah haji mereka mengetahui ada petugas haji mereka di sana,” tutur Rahmat masih dalam SMS-nya.

Ia mengatakan memang jemaah haji Indonesia umumnya lansia (lanjut usia) dengan pendidikan SD dan ada juga yang tidak sekolah, namun untuk mengenali bendera kebangsaan Indonesia, Merah Putih tidak terlalu sulit, mereka pasti tahu Merah Putih adalah bendera Indonesia.

“Tanda Merah Putih ini sangat penting bagi jemaah haji Indonesia, karena tidak sedikit jemaah haji yang terkena musibah akibat kejahatan, atau tersesat jalan kesulitan untuk melapor atau meminta bantuan,” tutur Rahmat.

Ia mengatakan rangkaian ibadah haji masih panjang, karena sepulang dari Arafah jemaah haji harus kembali lagi ke Mekkah, karenanya untuk antisipasi yang tidak diinginkan terjadi lagi untuk segera tempatkan petugas haji yang tugasnya kibarkan Bendera Merah Putih.

Anggota Amirul Hajj Slamet Effeni Yusuf yang dihubungi, menyatakan pihaknya akan membicarakan masalah ini dengan Amirul Haj Suryadharma.

(johara/sir)