Saturday, 20 July 2019

Mobil Putih Harus Bersih

Senin, 22 Oktober 2012 — 17:37 WIB
white

MOBIL berkelir putih belakangan ini benar-benar menjadi idola. Ibaratanya setiap tiga mobil baru yang melintas satu diantaranya berkelir putih. Padahal dulu warna putih sering jadi bahan ledekan sebagai ambulan.

Warna putih sedang jadi trend sebagai pilihan untuk semua jenis mobil yang baru keluar. “Konsumen selalu menempatkan warna putih sebagai pilihan pertama,” kata Iwan, satu sales Mobil Honda yang sedang mengadakan pameran bersama di sebuah mall kawasan Cibubur, belum lama ini.

Bukti bahwa mobil putih sedang naik daun saat ini, dengan adanya perkumpulan para pemilik mobil yang warnanya melambangkan kecusian ini. Mereka tergabung dalam White Car Community (WCC). Para anggotanya tidak dibatasi, artinya syarat utamanya adalah punya mobil warna putih.

Kelir putih untuk tunggangan roda empat ini ternyata tidak hanya banyak diminati dan dinikmati saja tetapi juga perlu perawatan khusus dibandingkan warna lainnya. “Sebenarnya sama, semua mobil perlu perawatan, tetapi untuk yang putih mungkin agak spesial. Kalau warna putih baretnya mudah  terlihat,” kata Eka salah satu anggota WCC yang tinggal di kawasan Tanah Abang ini.

Agar tidak cepat baret biasakan mencuci mobil dengan dua ember air. Hal ini untuk menghidari pasir atau debu halus menempel pada kain yang digunakan untuk menggosok bodi. “Satu ember  berisi sabun dan satu lagi air pembasuh setelah mengelap agar pasir tidak menempel,” tambah Eka. “Kalau satu ember, bisa-bisa kotoran atau pasir halus tetap menempel dan bisa menimbulkan baret-baret halus.”

Iwan, pemilik Honda Freed putih, mengaku tidak ada perawatan khusus pada mobilnya bahkan lebih repot karena harus selalu tampil bersih. “Mungkin itu yang disebut perlu perhatian khusus, harus selalu bersih saja biar enak dilihat,” katanya. “Yang penting juga hindari jalan yang belum lama di aspal, karena akan banyak bercak aspal menempel dan terlihat jelas,” ungkapnya. “Kalau terpaksa, segera dibersihkan. Jangan gunakan minyak tanah atau bensin karena akan merusak cat. Pakai odol tanpa pemutih atau mayonise untuk menggosok.”(*)