Thursday, 23 May 2019

Dengan Aggaran Rp 1,5 Triliun

Jokowi Janji Bangun Stadion Untuk Persija

Selasa, 23 Oktober 2012 — 22:58 WIB
sijajok2310

JAKARTA (Pos Kota) – Suporter Persija tidak lama lagi bakal memiliki stadion megah sebagai markas atau kandang kesebelasan kesayangan mereka. Anggaran Rp1,5 triliun bakal digelontorkan Pemprov DKI untuk stadion yang rencananya dibangun di eks Taman BMW Jakarta Utara.

Kepastian pembangunan stadion klub berjuluk Macan Kemayoran itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, di Balaikota, Selasa (23/10).

Orang nomor satu di ibukota tersebut menyatakan Persija akan segera memiliki stadion layaknya klub besar lain. Karena, Stadion Lebak Bulus bakal digusur jika pembangunan depo Mass Rapid Transit (MRT) dilaksanakan.

“Masa klub sepakbola di kota besar seperti ini tidak punya stadion sendiri. Lalu latihannya pakai stadion mana? Kita akan upayakan Persija akan sama dengan klub sepakbola di daerah maupun negara lainnya,” kata Joko Widodo.

Dengan memiliki stadion sendiri, maka kualitas para pemain dan keterampilan teknik semakin meningkat. Dia mencontohkan klub Real Madrid memiliki Stadion Santiago Barnabeau. Juga Barcelona pemainnya dapat berlatih di Stadion Camp Nou. Dia akan melihat fasilitas apa yang disediakan dalam stadion sehingga harus menelan dana hingga Rp1,5 triliun.

TAMAN BMW

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono, mengatakan, pihaknya menunggu lahan Taman BMW menjadi aset pemprov terlebih dahulu. “Kitanya jadi plong, dan tidak takut ada masalah di kemudian hari. Baru kita bangun stadion,” ujarnya.

Pembangunan stadion BMW akan dianggarkan dalam beberapa tahun atau multiyears. Tahap awal atau persiapan, diperkirakan akan dianggarkan Rp300 miliar dari total Rp1,5 triliun untuk membangun stadion tersebut. Segera setelah masalah hukum selesai, ia berjanji segera menganggarkan di APBD DKI.

Dijelaskan Ratiyono, sayembara desain stadion, masterplan, dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) sudah selesai sejak tahun 2009. Detail engginering design (DED) dan rincian anggaran belanja (RAB) pada 2010, pematangan lahan pada 2012, dan diharapkan konstruksi bisa dilakukan tahun depan. Jika sesuai jadwal, rencana stadion BMW akan dibuka dan dioperasikan tahun 2016.

DKI MENANG

Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Sri Rahayu, mengatakan, permasalahan sengketa Taman BMW sudah dimenangkan Pemprov DKI Jakarta hingga Pengadilan Tinggi DKI. “Kita tunggu penggugat apakah akan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atau tidak. Kalau tidak ya bisa segera kita jadikan aset DKI. Kita juga menang di pengadilan mengenai gugatan penertiban lahan tersebut,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan daerah (BPKD), Sukri Bey, mengatakan, kewajiban pengembang menyerahkan fasos fasum senilai Rp796 miliar. “Dalam pendataan neraca, tanah seluas 26,5 hektar tersebut equivalen (setara) dengan uang tersebut, “ ujarnya.

Namun, hingga saat ini, SK dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak berlaku, karena SK dikeluarkan tahun 2003 dan hanya berlaku setahun. Untuk membuat sertifikat lagi, BPN harus melakukan pengukuran ulang, dan tidak bisa dilakukan jika ada klaim dari masyarakat dan bersengketa.(guruh)