2000 Santri Bakar Sate Secara Massal

Jumat, 26 Oktober 2012
bakar sate massal2610

SURABAYA(POs Kota)-Sekitar 2000 santri Ponpes Tebuireng Jombang, Jawa Timur menggelar bakar sate massal. Hal itu sekaligus untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1433 H di pesantren tersebut.

Bakar sate berjamaah itu digelar di halaman pondok usai Salat Jumat. Santri membuat pemanggang sate secara memanjang. Selanjutnya mereka menerima daging kurban dari panitia setempat. Setiap kamar yang berisi 18 santri mendapatkan jatang daging sebanyak 4 kilogram.

Dalam sekejap, asap pemabakaran sate langsung membumbung. Santri terihat sibuk mengibas-kibaskan kardus dan peralatan lainnya. Tujuannya, arang yang sudah terbakar api tersebut tetap membara. Sedangkan santri lainnya sibuk menata tusukan daging di atas bara.

H Lukman Hakim, Ketua Pengurus Ponpes Tebuireng mengatakan, bakar sate massal merupakan agenda rutin yang digelar setiap datangnya Idul Adha. Hal itu bertujuan untuk mempererat ikatan emosional sesama santri.

Selain itu juga untuk menjalin komunikasi non formal antara santri dan pengurus. “Jumlah santri yang mengikuti acara ini sekitar dua ribu orang. Kebetulan rata-rata santri tidak pulang dalam liburan kurban ini. Setiap kamar yang berisi 18 orang kita berikan daging sebanyak 4 kilogram,” kata Lukman di sela acara.

Lukman juga menjelaskan, Ponpes Tebuireng menyembelih 12 ekor sapi dan 115 ekor kambing. Hewan itu merupakan sumbangan dari warga sekitar dan juga donatur tetap Tebuireng. “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mempercayakan penyembelihan hewan kurban di Tebuireng,” ungkapnya.
Adam Hamid Asrori,15, salah satu santri mengatakan, acara bakar sate berjamaah adalah momen yang paling ditunggu santri. Karena dalam acara tersebut seluruh santyri berkumpul untuk menimkmati daging kurban. “Saya sengaja tidak pulang kampung karena acara tersebut,” kata santri asal Bojonegoro ini.(nurqomar)

Teks : Bakar sate massal dilakukan santri

Terbaru
Terpopuler
Panglima TNI Beri Ceramah ICIS di Ponpes
`Bersama Rakyat TNI Kuat dan Bersama TNI Rakyat Kuat`
Jumat, 31 Oktober 2014
Hankam
Gerak Senyap dan Taktis
Prajurit Taipur Kostrad Hancurkan Musuh
Jumat, 31 Oktober 2014
Hankam
Setelah Jalani Operasi
Gumawan Minta Maaf Baru Bisa Sertijab Dengan Tjahjo Kumolo
Jumat, 31 Oktober 2014
Politik
Reka Ulang Pembunuhan Tukang Parkir
Istri Korban Minta Pelaku Dihukum Mati
Jumat, 31 Oktober 2014
Pembunuhan dan Penganiayaan
Tadi Malam Baru Dicor
Korban Bangunan Ambruk Tanggung Jawab Kontraktor
Jumat, 31 Oktober 2014
Peristiwa
Dampingi Keluarga ke Mabes Polri
Fadli Zon Siapkan Pengacara Tangguhkan Penahanan Penghina Jokowi
Jumat, 31 Oktober 2014
Peristiwa
Ahok Ganti Anak Buah Jokowi
Agus Priyono Gantikan Manggas Jadi Kadis PU DKI
Jumat, 31 Oktober 2014
Jakarta
Menemui Jokowi di Istana
Menteri Susi Ajukan Libur Sabtu
Jumat, 31 Oktober 2014
Politik
Ruangan Masih Terkunci, Pindah ke Fraksi PDIP
DPR Tandingan Gelar Paripurna Pilih Ketua Baru
Jumat, 31 Oktober 2014
Politik
Liga Spanyol
Simeone: LFP Awards Utamakan Nama Besar
Jumat, 31 Oktober 2014
Bola

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.