Jumat, 26 Oktober 2012 16:30:00 WIB

Pembagian Hewan Kurban di Bogor Tidak Merata

adhabog2610

BOGOR (Pos Kota) – Sambut hari raya Idul Adha, ratusan ekor hewan kurban disembelih. Untuk tahun ini, Polres Bogor berkurban 8 ekor sapi dan 39 domba. Kapolres Bogor, AKBP Heri Santoso berkurban 4 ekor, Wakapolres 2 ekor, serta Kasat Reskrim dan Kasat Lantas, masing-masing 1 ekor sapi.

Di Polres Bogor Kota, 6 ekor sapi dan 37 ekor kambing disemeblih. Kapolres Bogor Kota, AKBP Hilman sendiri menyumbang 3 ekor sapi, Wakapolresta 1 ekor dan Kasat Lantas serta Kasat Reskrim masing-masing 1 ekor.

Hewan kurban ini, selain dipotong di mako masing-masing, juga sebagian disumbang ke Yayasan yatim piatu, DKM, masjid serta FKPM dan masyarakat sekitar Polres. Sebelum pembagian daging kurban ke warga, kedua pucuk pimpinan kepolisian di wilayah Kota dan kabupaten Bogor ini terlebih dahulu bersama anggota dan masyarakat yang sudah datang ke mako menunaikan salat jumat.

Pemerintah Kota Bogor melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menyalurkan 7 ekor sapi dan 100 ekor kambing kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang tersebar di enam Kecamatan se Kota Bogor.

“Kita bekerjasama dengan DMI Kota Bogor dalam menyalurkan hewan qurban,”kata Kabag Kemasyarakatan Sekdakot Bogor, Dody Achdiyat selaku Sekretaris PHBI Kota Bogor usai Salat Idul Adha di Plaza Balaikota Bogor, Jum’at (26/10/2012).

Penyaluran 7 ekor sapi, dan 100 ekor kambing difokuskan kewilayah yang memang kurang hewan qurbannya atau daerah yang sama sekali tidak ada pemotongan hewan qurban

“Makanya penyaluran hewan kurban tahun ini selektif. Diharapkan semua DKM kebagian hewan kurban,”paparnya.

Walikota Bogor, Diani Budiarto mengatakan, di Kota Bogor memang ada beberapa wilayah yang surplus hewan kurbannya. Namun sebaliknya di beberapa wilayah, ada yang minim. Bahkan sama sekali tidak ada kegiatan pemotongan hewan kurban.

“Makanya sering kali saya menghimbau kepada daerah yang berkelebihan atau surplus untuk mau menyalurkan hewan kurbannya kepada daerah yang minim sehingga ada pemerataan,“papar Diani. (yopi)

Teks : Suasana Salat Idul Adha di Balai Kota Bogor (yopi)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.