Saturday, 25 November 2017

Bali Tuan Rumah Miss Scuba International Pageant 2012

Sabtu, 27 Oktober 2012 — 19:05 WIB
scuba2710

LAUTAN Indonesia yang begitu luas dan dasar lautnya yang indah membuat olahraga menyelam berkembang pesat. Tak heran, penggemar olahraga bawah laut ini pun menggelar pemilihan Miss Scuba Indonesia 2012.Kontestannya diharapkan ikut mempromosikan olahraga selam dan kegiatan konservasi kelautan.

Untuk tahun 2012, Pulau Bali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Miss Scuba International Pageant 2012 atau kontes ‘Ratu Selam Internasional 2012’ yang digelar pada 19-30 November mendatang.

Kalau tahun lalu, ajang pemilihan ‘ratu penyelam’ ini digelar di Sabah, Malaysia, kini giliran Pulau Dewata bakal diramaikan ratusan wanita cantik nan seksi. “Mereka bakal adu jago dan pintar soal seluk beluk dunia bawah laut,” cetus Dharmawan Sutanto, Chairman Miss Scuba Indonesia (MSI) di Jakarta, Sabtu.

MSI tahun ini memasuki pergelaran kedua kalinya. Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi UI, Yovita Ayu Liwanuru terpilih menjadi pemenang 2012. Yovita menggantikan posisi Nendy Yunizar, Miss Scuba Indonesia 2011, yang setahun terakhir menjalankan tugasnya mempromosikan pariwisata bahari Indonesia.

Selain menjadi pemenang pertama, Yovita juga meraih gelar Miss Marine Conservation. Pemenang utama lainnya adalah Jessie Tresnasanti Hasan (Runner Up 1, juga meraih gelar Miss Best Diver) dan Fidela Eniraisa Tarigan (Runner Up 2). Kemudian masih ada tiga pemenang kategori lain, yaitu Endang Retnowati (Miss Favorite 2), Duke Livany Bagdja (Miss Favorite 1), dan Drucella Benala Dyahati (Miss Photogenic).

Mereka berhasil merebut hati dewan juri, yang terdiri atas Prita Laura (wartawati dan produser TV), Cahyo Alkantana (sinematografer, instruktur selam, dan konsultan ecotourism), Indri Martono (konsultan sumber daya manusia dan trainer), serta penyelenggara Dharmawan Sutanto (Chairman Miss Scuba Indonesia), dan Robert Lo (Chairman Miss Scuba International).

Menurut Dharmawan, banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggelar kontes ini. Di samping mempromosikan olahraga menyelam dan meningkatkan kegiatan konservasi kelautan, pemenang juga bisa mengupayakan agar olahraga ini bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.(aby)

Teks : Yovita Ayu Liwanuru, Miss Scuba Indonesia 2012 (ketiga dari kiri), didampingi Nendy Yunizar (ketiga dari kanan), Miss Scuba Indonesia 2011.