Monday, 27 May 2019

Pemkot Bekasi Kerjasama Rumah Sakit

Kartu Kesehatan Gratis Warga Miskin Tahun Depan

Senin, 29 Oktober 2012 — 15:57 WIB

BEKASI (Pos Kota) – Kartu kesehatan gratis bagi keluarga miskin di Kota Bekasi baru diluncurkan 2013 nanti. Pasalnya, Pemkot baru saja melaksanakan kerjasama dengan 33 rumah sakit swasta yang ada di wilayah itu.

Pemkot Bekasi, menurut Walikota Bekasi Rahmat Effendi, tidak bisa begitu saja mengeluarkan kartu kesehatan gratis. ” Harus ada proses. Nanti begitu pasien datang bawa kartu ke rumah sakit swasta, pasti ditolak dan akan jadi masalah, makanya harus ada kerjasama dulu,” katanya, Senin (29/10/2012).

Kartu ini diharapkan bisa memperlancar proses administrasi penerimaan pasien miskin dan tidak mampu. Sehingga dengan adanya kartu sehat tersebut akan langsung terintegrasi dengan sistem yang ada di rumah sakit tersebut.

Diakui walikota, selama ini proses penerimaan pasien yang tergolong keluarga miskin masih mengandalkan rekomendasi RT dan RW serta persetujuan lurah dalam pembayarannya melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Kedepan cara ini tidak akan dipergunakan lagi. Hanya dengan menunjukkan kartu kesehatan gratis ini akan memangkas proses administrasi ini yang tergolong lama menjadi lebih fleksibel dan efesien dari segi waktunya,” tutur walikota.

Karenanya Pemkot sudah melakukan kerjamasa dengan 33 rumah sakit swasta dan merupakan bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Bekasi.

“Ini bentuk keperdulian Pemkot Bekasi dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi akan melaksanakannya tahun depan,” kata walikota.

(dieni/sir)