Sunday, 21 July 2019

Nissan Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Senin, 29 Oktober 2012 — 11:28 WIB
nisan

NISSAN  merencanakan penjualan mobil dengan kemudi yang menggunakan teknologi kabel, atau steer-by-wire technology, pada tahun 2013. Sistem itu didasarkan pada pengiriman sinyal elektronik dari kemudi ke unit komputer yang mengendalikan pergerakan roda, jadi tidak menggunakan mekanik seperti yang sekarang.

Teknologi seperti itu digunakan secara meluas di pesawat terbang. Tapi Nissan bakal menjadi yang pertama menerapkan pada mobil yang diproduksi secara massal. Bagaimanapun tampaknya para pelanggan perlu diyakinkan dari segi keselamatan.

Nissan mengatakan bahwa pengemudi akan mendapat keuntungan karena kendali mereka akan sampai ke roda lebih cepat dibanding dengan sistem hidraulik atau mekanik. Supir juga tidak akan terganggu untuk menanggapi ‘umpan balik’ yang tidak diperlukan seperti yang terjadi dengan mobil saat ini.

“Contohnya, kalaupun Anda berada di jalan dengan permukaan bergelombang, supir tidak usah harus mencengkram kemudi dengan ketat dan melakukan penyesuaian, jadi perjalanan di jalanan menjadi lebih mudah,” seperti disiarkan Nissan.

Tampaknya para pelanggan tidak akan mudah diyakinkan untuk menggunakan sistem steer-by-wire technology karena upaya sebelumnya dalam penggunaan teknologi kabel menimbulkan masalah. Tahun 2004 Mercedes-Benz menghadapi keluhan pelanggan karena Sensotronik -sistem kendali rem yang menggunakan kabel- kadang tidak berfungsi.

Walaupun ada sistem hidraulik yang bekerja otomatis sebagai penggantinya, pengemudi memerlukan tambahan waktu untuk benar-benar berhenti. Mercedes kemudian menarik sekitar dua juta mobil dan Sensotronik tidak digunakan lagi.

Walaupun mobil Nissan dengan teknologi kabel masih akan dikemudikan oleh manusia, ada yang mengatakan bahwa pengembangan sistem kabel ini bisa mengarah pada mobil tanpa supir. (bbc/dms)