Monday, 19 November 2018

Tahanan Kabur, Kapolsek Medan Timur Dicopot

Selasa, 30 Oktober 2012 — 21:16 WIB
Sel kosong

MEDAN (Pos Kota) – Kaburnya 12 orang tahanan berbuntut dengan pencopotan Kapolsek Medan Timur Kompol Patar Silalahi. Penggantinya dipercayakan kepada AKP Wiamin dan acara serahterima jabatan digelar secara tertutup, Selasa (30/10).

Wakapolresta Medan AKBP Pranyoto, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Propam Polresta Medan ditemukan pelanggaran berupa kelalaian anggota di balik kaburnya tahanan.

“Ditemukan pelanggaran pada anggota Polsekta Medan Timur,” kata Pranyoto.

Menurut dia, ke 12 tahanan yang kabur dengan menggergaji jerjak besi ruang tahanan yang biasa digunakan untuk menjemur pakaian dan berolahraga. Dua tahanan berhasil ditangkap di Jalan Mahameru, Medan dan tim gabungan masih melakukan pengejaran terhadap tahanan lain.

Terkait kaburnya tahanan, Propam Polresta Medan telah memeriksa lima saksi, di antaranya Kapolsekta Medan Timur, Wakapolsekta Medan Timur, Pawas piket jaga, dan dua oknum petugas SPK.

Sebelumnya beberapa hari lalu kejadian sama di Polsek Medan Area dengan kaburnya 13 oarang tahanan. Hingga saat ini baru 7 tahanan yang berhasil ditangkap. Buntut dari kaburnya tahanan tersebut Kapolsek Medan Area Kompol Sony W Siregar dicopot dari jabatannya dan dipercayakan kepada AKP Iskandar. (samosir/dms)