Rabu, 7 November 2012 15:36:23 WIB

Korem 051/Wkt Latihan Menembak Senjata Ringan

tembak-sub

BEKASI (Pos Kota) – Berdasarkan Program Kerja dan Anggaran Korem 051/Wkt TA. 2012 khususnya bidang latihan, pada TW. III November  TA. 2012  staf 2 Operasi Korem 051/Wkt  laksanakan beberapa program latihan yang salah satunya adalah Latihan menembak senjata ringan yang diselenggarakan pada tanggal 06  s/d. 07 November 2012 di Lapangan Tembak Yonif 202/Tajimalela Brigif 1/JS  dan diikuti oleh seluruh prajurit Korem 051/Wkt.

Sebagai Komandan Latihan Mayor Inf Subowo, Wadanlat kapten inf Cholidi, Perwira Staf Operasi sebagai perencana latihan, Koormat Latbak Pistol Peltu Djumiyo, Balya Mansur dan Koormat Latbak Senapan serka madsani.

Tujuan latihan menembak senjata ringan adalah untuk meningkatkan kemampuan menembak senjata Pistol dan Senapan untuk tingkat perorangan sesuai TOP/DSPP yang berlaku. Sasaran yang ingin dicapai pada latbak jatri dibidang pengetahuan adalah memahami tentang karakteristik Senapan M-16 a1, memahami pengetahuan dasar menembak senapan dan memahami tehnik serta taktik menembak senapan.

Dibidang keterampilan sasaran yang ingin dicapai adalah Bintara dan Tamtama mampu menembak senapan dengan nilai minimal, perkenaan munisi di lesan 80 % dan akmulasi nilai perkenaan munisi di lesan 75 %. Untuk Perwira mampu menembak Pistol dengan nilai minimal, perkenaan munisi di lesan 80 % dan akmulasi nilai perkenaan munisi di lesan 75 %. Selain itu, para prajurit juga tuntut harus mampu mengatasi permasalahan tekhnis menembak di lapangan dengan cepat, tepat dan benar.

Dihadapkan dengan keterbatasan munisi, sebelum melaksanakan menembak dengan munisi tajam maka didahului dengan drill kering/acu bidik, dilanjutkan dengan koreksi dasar senapan, tembakan pengelompokan dan tembakan penilaian. Bagi prajurit yang hasil menembaknya belum mencapai standar maka melaksanakan drill kering/acu bidik dan belum dapat melanjutkan ke jarak berikutnya. Adapun materi latihan menembak senjata ringan pada November tahun anggaran 2012 adalah menembak Pistol jarak 15 m dan menembak senapan jarak 100 meter.

Kapendam Jaya
Kolonel Inf  Adrian Ponto SH

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.