Thursday, 22 February 2018

Obama: Saya Akan Menjadi Presiden yang Lebih Baik

Rabu, 7 November 2012 — 15:28 WIB
Obama-voters

WASHINGTON – Presiden Barack Obama terpilih kembali untuk kedua kalinya, mengalahkan kandidat dari Partai Republik Mitt Romney.

Dalam pidato kemenangannya, Presiden Obama  menegaskan, “untuk Amerika Serikat yang terbaik belum datang.”

Obama tampil di hadapan ribuan Demokrat  yang bersorak gembira dalam dengan ketukan nada dari penyanyi legendaris Stevie Wonder Signed, Sealed dan  Delivered   setelah memastrikan dia memenangkan pemilu AS, dan memimpin jumlah suara pemilih, lewat pertarungan yang ketat dengan lawannya, Mitt Romney.

Dia mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat yang diberikan lawannya,  Mitt Romney dan berkata, “dalam beberapa minggu ke depan saya melihat ke depan untuk duduk dengan Gubernur Romney guna membahas bagaimana kita bisa bergerak memajukan  negara ini.”

Naik ke podium menjelang pidato kemenangannya di tengah pendukungnya di Chicago,  yang juga merupakan kota kelahirannya . – Reuters

Dalam pidato kemenangannya bertabur dengan retorika, Obama mengingatkan pemilih apa yang masih dalam agenda – reformasi  imigrasi, perubahan iklim dan penciptaan lapangan kerja.

“Malam ini, Anda telah beraksi dalam politik tidak seperti biasanya,” katanya. Ia mengatakan kepada para pendukungnya di Chicago. “Anda memilih kita untuk fokus pada pekerjaan Anda, ” tambahnya.

Obama mengatakan kepada para pendukungnya bahwa dia menyatakan kepada Romney “Saya telah mendengarkan Anda … Anda telah membuat saya seorang presiden yang lebih baik.”

Pendukung Obama memberikan sambutan gegap gempita atas pidato kemenangan jabatan yang keduanya itu. – Reuters

Dia menambahkan, “Saya kembali ke Gedung Putih (dengan semangat yang)  lebih terinspirasi dibanding sebelumnya.”

281 LAWAN 203

Hasil perolehan suara dari sebagian besar negara bagian menunjukkan presiden kulit hitam pertama Amerika ini telah meraih mayoritas suara elektoral yang dibutuhkan.

Obama unggul meski ada suara-suara protes yang tidak puas dengan situasi ekonomi AS saat ini ditambah dengan Romney sebagai rival yang memiliki kekuatan finansial dan pengaruh politik kuat.

Namun margin kemenangan belum bisa diketahui karena hasil perolehan suara dari beberapa negara bagian lain belum masuk kalkulasi.

Meski hasil perolehan suara di negara bagian bermassa mengambang (swing states) yaitu Virginia, Florida dan Colorado masih belum selesai dikalkulasi, Obama telah mengantongi 281 suara elektoral dan Romney 203.

Berdasarkan konstitusi AS, setiap negara bagian diberikan jumlah suara elektoral yang disesuaikan dengan jumlah populasi.

Kandidat yang meraih 270 suara elektoral, dengan keunggulan di negara-negara bagian yang menerapkan sistem menang telak, akan menjadi presiden.

Obama akan menyampaikan pidato kemenangan di Chicago dihadapan ribuan pendukung yang telah menantinya.

Dia mengucapkan terima kasih orang-orang yang memilihnya. “Apakah Anda memilih untuk pertama kalinya, atau menunggu dalam antrian yang sangat lama – dengan cara itu kita harus memperbaikinya,” candanya.

Dia mengucapkan terima kasih Wakil Presiden Joe Biden, yang ia sebut ” prajurit terbaik Amerika” dan yang pertama, tentu, kepada lady Michele Obama.

Barack Obama bersama Michele, dan dua putrinya Sasha dan Malia – Reuters.

TIDAK MENAMBAH ANJING

“Sasha dan Malia,” katanya menyebut dua putrinya. “Kau tumbuh menjadi dua gadis yang kuat, cerdas, wanita muda yang cantik … Aku sangat bangga padamu. Tapi aku akan mengatakan untuk saat ini, satu anjing mungkin cukup,” katanya mengulang  pada janjinya memberikan hadiah anak anjing empat tahun lalu.

Sementara itu, Mitt Romney yang berduka di Boston menyatakan, “Saya berdoa presiden akan berhasil dalam membimbing bangsa kita,” kata Romney di podium.

Perayaan kemenangan Obama tampak meriah di  kota asal Obama,  Chicago, di Time Square New York dan di luar Gedung Putih, sementara Romney di markasnya, di  Boston merenung dalam kesedihan.

 

(bbc/dms)