Saturday, 19 August 2017

Pemerintah Arab Bagi-bagi Masker

Virus Flu Ancam Jemaah Haji

Kamis, 8 November 2012 — 6:25 WIB
ilusvirus

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Arab Saudi membagi-bagikan masker kepada jemaah dari seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mulai masuk Madinah untuk salat Arbain (salat 40 waktu) di Masjid Nabawi. Jemaah haji Indonesia akan tinggal sembilan hari di Madinah sebelum pulang ke Tanah Air.

Pemberian masker ini untuk mencegah penyebaran virus influenza yang kini tengah berjangkit, Hal ini ditunjukkan dengan maraknya suara batuk-batuk dan bersin jemaah saat menunggu salat wajib di Nabawi.

Petugas berjubah putih berada di pintu masuk masjid setiap waktu salat tiba untuk membagikan masker kepada setiap jemaah. “Mereka mudah terserang penyakit karena kelelahan setelah melaksanakan prosesi haji dari, Arafah-Mina (Armina),” kata petugas Masjid Nabawi, Ahmad Zarqani, kemarin.

TAK BEGITU DINGIN

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Amidhan, yang kini sedang berada di Madinah, mengatakan pembagi-bagian masker bukan hanya kepada jemaah Indonesia, tapi juga dari seluruh dunia.

“Sebenarnya banyak jemaah haji Indonesia yang sudah membawa perbekalan masker dari Tanah Air. Karena memang sebelum berangkat ke Tanah Suci sudah diingatkan untuk mengantisipasi cuaca.”

Ia mengatakan cuaca di Madinah tidak begitu dingin, biasa saja. Karena musim dingin akan berlangsung pada bulan Desember nanti. “Jadi setelah musim haji selesai akan terjadi musim dingin,” tambah Amidhan.
(johara)