Thursday, 20 September 2018

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

Sabtu, 10 November 2012 — 16:13 WIB
liungbuting1011

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya 46 unit rumah di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, rusak diterjang bencana angin puting beliung. Jumlah ini merupakan hasil pendataan hingga Sabtu (10/11). Kendati tidak memakan korban jiwa, kerusakan akibat puting beliung tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, puluhan rumah rusak tersebut tersebar di empat desa yakni Desa Cikurug, Desa Cireunghas, Desa Tegal Panjang dan Desa Cipurut. Klasifikasinya adalah sebanyak 39 unit rumah rusak ringan (RR), enam unit rumah rusak sedang (RS) dan satu rumah rusak berat (RB).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo mengatakan, pendataan rumah rusak melibatkan petugas BPBD bersama aparat kecamatan dan relawan penanganan bencana alam.

“Dari pendataan BPBD, kebanyakan bagian gentengnya yang rusak karena sapuan angin cukup kencang. BPBD telah mengirimkan bantuan logistik untuk korban bencana puting beliung,” ujarnya.

‪‬Bencana angin kencang yang melanda di Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi, Jumat (9/11/2012) petang. Hempasan angin juga tak hanya merusak puluhan rumah melainkan beberapa bangunan lain dan pepohonan.
”Untuk sementara dari lima desa sudah empat desa yang melaporkan ada kerusakan. Diantaranya terdapat rumah ambruk di Desa Tegal Panjang dan satu rumah bagian dapurnya tertimpa pohon tumbang,” kata Camat Cireunghas Agus Taofik.

Dari keterangan warga, ‪‬ peristiwa angin kencang yang menimp wilayah mereka berlangsung dengan cepat di saat setelah hujan deras turun. Peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur sejumlah wilayah Sukabumi dan sekitarnya. (sule)