Minggu, 11 November 2012 23:12:02 WIB

Banyak Terbengkelai, Bekas Proyek Galian di Jakarta Selatan

galian terbengkelai-n

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Kondisi lingkungan di Jakarta Selatan kini tercoreng dengan banyaknya bekas galian di trotoar yang terbengkalai.

Sebagian besar galian itu didominasi pekerjaan fiber optik (FO).

Ironinya pemborong terkesan cuci tangan dan meninggalkan bekas galian begitu saja. Akibatnya di lokasi bekas galian itu banyak tanah merah berceceran dan mengotori lingkungan sekitar. Apalagi kini sudah mulai musim hujan.

Kondisi ini membahayakan para pengendara khususnya pengendara motor. Bahkan tak sedikit yang tergelincir akibat tanah merah yang merambah ke badan jalan.

“Pemprov DKI Jakarta harusnya bertindak tegas menindak pemborong nakal yang seenaknya saja membongkar trotoar tapi tak dirapihkan lagi seperti semula,” tandas Kurniadi, warga Kebayoran Baru.

Buruknya pengelolaan trotoar ini menyebabkan trotoar yang baru diperbaiki kembali rusak akibat berbagai galian utilitas yang silih berganti. Misalnya untuk jaringan telepon, air dan listrik. Sepatutnya galian utilitas itu dibuat dalam satu kesatuan melalui Ducting.

Pantauan Pos Kota, bekas galian di trotoar itu di antaranya di sekitar RSPP, Jl Raya Mampang Prapatan, Gatot Subroto, Duren Tiga Pancoran, di sekitar Mac Donalds Kemang dan di Jl Iskandarsyah, Kebayoran Baru yang hanya berjarak seratus meter dari kantor Walikota Jaksel.

Terkait hal ini Kasudin Pekerjaan Umum (PU) Jalan Jaksel, Yayat Hidayat menjelaskan pihaknya sudah melayangkan surat peringatan (SP) I terhadap pemborong nakal.

“Kami hanya berwenang mengeluarkan SP I, untuk sanksi selanjutnya oleh Badan Sarana dan Prasarana Jaringan Utilitas Dinas PU DKI Jakarta,” kata Yayat.

Walikota Jaksel, Anas Efendi juga mengaku kecewa atas kinerja pemborong yang merusak sejumlah trotoar di wilayahnya.

“Kami berharap Dinas PU DKI Jakarta dapat bertindak tegas terhadap pemborong nakal. Selain merusak estetika kota juga memengaruhi kinerja Pemko Jaksel dalam penilaian Adipura yang sedang berlangsung,” pungkasnya. (Rachmi/dms)

foto: Bekas galian di trotoar di Jl Iskandarsyah, Kebayoran Baru, Jaksel yang terbengkalai. (Rachmi)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.