Tuesday, 18 September 2018

Usai Santap Hidangan Syukuran Akikah Bayi

85 Warga Keracunan Makanan

Senin, 12 November 2012 — 13:19 WIB

BANDUNG (Pos Kota) – Sedikitnya 85 warga Arjasari, Kabupaten Bandung keracunan makanan, usai menyantap hidangan di acara akikah bayi di keluarga Dede Rahmat, Kampung Salak, Desa Aejasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Puluhan korban kini dirawat di Puskesmas Arjasari dan RSUD Soreang.

Kapolrews Bandung AKBP Sandi Nugroho, saat dihubungi mrelalui selulernya menjelaskan, jumlah korban yang yang kini menderita keracunan sudah dirawat di RS dan sebagian sudah bisa pulang.

Berdasar hasil penyelidilan dan identifikasi keracunan yang menimpa warga diduga kuat dari menu makanan syukuran akikah bayi keluarga Dede Rahmat, Minggu malam. “Usai menyantap hidangan Senin subuh warga keracunan.”

Terkait kasus ini Kapolres mengaku sudah melakukan pemeriksaan dan mengamankan barang bukti berupa sampel makanan yang dihidangkan keluarga saat digelar syukuran bayi pertamanya lahir. “ Sampel makanan sudah diamankan dan dikirim ke Balai POM Dinkes Provinsi Jabar,“ kata dia.

Hanya, Kapolres tidak memperinci jenis makanan apa yang kemungkinan beracun. Paling tidak, lanjutnya ada empat sampel yang diamankan, diantaranya nasi, lauk pauk, dan sayuran. “ Kami masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap belasan saksi,“pungkas Kapolres.

Berdasar keterangan, syukuran akikah bayi itu berlangsung Minggu malam sekitar pukul 20:00 Wib ba`da Isya. Puluhan warga berdatangan.

Berdasar catatan, ada 85 warga yang keracunan, 55 di antaranya mendapat perawatan, sedang yang lain hanya berobat jalan. Gejalanya, mual, dan muntah muntah.

(dono/sir)

Foto Ilustrasi