Tuesday, 20 November 2018

‘Tribute to The Mercy’s’ Bikin Rinto Harahap Menangis

Senin, 12 November 2012 — 17:57 WIB
Mercy-Rinto-n

JAKARTA (Pos Kota) – Musisi dan pencipta lagu kenamaan, Rinto Harahap, menangis haru saat ikut hadir dan menyaksikan sepanjang empat jam pergelaran ‘Tribute to The Mercy’s ; Lagu Rindu Untuk Negeri’, bertempat di Airman Sultan Hotel, Jakarta, kemarin malam. Dengan  pemandu acara  Dina Mariana dan Jose Choa Linge (penyiar tamu RRI).

Kenangan masa jaya The Mercy’s di tahun 1970-an. Dari kiri: Rinto Harahap, Albert Sumlang, Charles Hutagalung (duduk), Reynold Panggabean, dan Erwin Harahap (duduk kiri).

Acara tersebut dihadiri ratusan penggemar dan keluarga besar dua personil The Mercys yang sudah almarhum, Charles Hutagalung dan Albert Sumlang.

Sejumlah artis-artis senior lain ikut yang hadir di antaranya Ermy Kullit, Arie Kusmiran, Yetty Lorent, Nana Dhiana, Betharia Sonatha, Rita Latul, Jelly Tobing dan Erwin Harahap.

Salahsatu pentolan grup musik The Mercys, Rinto Harahap, yang kemudian dikenal mengorbitkan banyak artis wanita, di era 1980-an,  sempat menangis hari nampak saat hadir dalam penutupan acara Tribute to The Mercys Lagu Rindu Untuk Negeri di Airman Sultan Hotel, Jakarta, kemarin malam. (santosa)

Albert Junior Band sebagai pembuka melantunkan tembang ‘Untukmu’ yang langsung disambut hangat ratusan tamu undangan. Suasana pun bertambah hangat serta mampu membangkitkan kenangan dan  kebesaran nama grup band ‘The Mercys’, manakala lagu seperti ‘Kisah Seorang Pramuria’, ‘Mimpi’, ‘Biarlah Kusendiri’ dan ‘Tak Sedikitpun’, dibawakan grup band sebagai generasi penerus Albert Sumlang (almarhum).

Ajang lelang sebanyak dua kali piringan hitam (PH) dari album-album milik ‘The Mercys, masing-masing terjual dengan angkat Rp. 1,5 juta dan Rp. 3 juta. Sedang untuk lelang lagu ‘Tiada Lagi’ karya Charles Hutagalung yang dibawakan Jelly Tobing, berhasil merogih kocek pengunjung sebesar Rp. 16 juta.

Hasil dari itu semua, menurut Jose Choa Linge dari Baju Baru Enterprise selaku penyelenggara, akan dipergunakan untuk perbaikan makam almarhum Charles Hutagalung dan Albert Sumlang.

Sejumlah tamu undangan sempat histeris di saat Jelly Tobing menyumbangkan suaranya dengan melantukan tembang ‘Usah Kau Harap’, ‘Ayah’ dan ‘Tiada Lagi’. Ny. Vivi yang sengaja datang dari Surabaya untuk menyakiskan acara ‘Tribute to The Mrecys’ tersebut, selain merogoh kocek untuk ikut menyumbang, mengaku merinding saat mendengarkan lagu-lagu favorit dari grup band legendaris tersebut.

Penyanyi Ermy Kulit pun ikut tampil sebagai bintang tamu. Sebagai penutup acara semua artis, musisi dan keluarga kedua almarhum, menutup pergelaran lewat tembang ‘Injit-injit Semut’. Kelompok musik ‘The Mercys’ tercatat memulai rekaman pada tahun 1972 di Studio Jakarta Remaco.

Selain melahirkan ratusan karya lagu, juga telah merekam sebanyak 40 album yang rata-rata sukses serta digemari masyarakat luas.

The Mercy’s berdiri  1965  di  Medan, dengan anggota  Erwin Harahap, Rinto Harahap, Rizal Arsyad (mantan suami Iis Sugianto), Reynold Panggabean (mantan suami Camelia Malik) dan Iskandar Rizal di bawah pimpinan Arsyad. Saat mendapat undangan show di Penang, Malaysia di tahun yang sama Iskandar mundur, karena harus melanjutkan studynya di fak kedokteran. Posisinya digantikan  Charles Hutagalung.

Pada pasa jayanya, personil The Mercy’s bertahan dengan  Erwin Harahap (Guitar Melody), Rinto Harahap (Bass Guitar), Rizal Arsyad (Rhythm guitar), Reynold Panggabean (drums) dan Charles Hutagalung (Keyboard, Organ). (santosa/dms)

  • agsan1963

    wow…wow..keren, beritanya oke punya, lengkap abis, the mercys memang dikenal sebagai salahsatu bangd legendaris indonesia yang patut diberi penghargaan pemerintah

  • ray wahab

    Oh…man…Satu ketika dulu the Mercys ini menjadi the Best malay

    Band di Malaysia, kami Remaja2 tergilakan suara vokalisnya yang

    khas sdr,charles Hutagalung yng mendendangkan irama Melayu Deli diantaranya,,oh bunga mawar,bujang sama bujang, juga versi inggeris LOVE…WOW…sangat nostalgic sekali..THANKS YOU ALL

  • jajang

    Selamat utk mercys ,aku teman lama yg ngumpul di jl.bintang medan