Selasa, 13 November 2012 08:19:58 WIB

Di Kota Bekasi Gedung Sekolah Banyak Rusak

sekolah-rusak

BEKASI (Pos Kota) – Sedikitnya 40 gedung Sekolah Dasar (SD) dan 45 gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bekasi rusak parah. Akibatnya, proses belajar mengajar terganggu karena siswa dan guru khawatir bangunan ambruk.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Saiful Bahri, mengakui bahwa di Kota Bekasi masih terdapat bangunan sekolah yang rusak. Dari seluruh jumlah sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA, 20 persen diantaranya rusak parah, dan 40 persen rusak ringan. Hanya 40 persen bangunan sekolah yang kondisinya bagus.

“Selain rusak, ruang kelas belajar juga masih kurang dan tidak sebanding dengan jumlah siswa. Makanya banyak sekolah yang menggunakan sistem shif,” jelasnya.

Dinas Pendidikan Kota Bekasi pada 2013 mengupayakan perbaikan gedung sekolah yang rusak parah dengan skala prioritas. “Tahun depan untuk anggaran gedung sekolah yang rusak ini ada Rp85 miliar. Tiap sekolah dapat Rp1 miliar,” lanjutnya.

Dana yang didapat sekolah sebesar Rp1 miliar itu juga digunakan membangun Ruang Kelas Belajar (RKB)baru. Ada tiga tipe RKB yang akan dibangun, yaitu tipe A dengan 27 lokal, tipe B 21 lokal dan tipe C 9 lokal.

Saiful meminta kepada para siswa untuk bersabar dan menunggu hingga tahun 2013 mendatang.

“Seperti misalnya kasus ambruknya bangunan SDN Bojong Menteng IV, mau tidak mau siswa harus bersabar dan menunggu hingga tahun depan,” pungkasnya.

SDN Bojong Menteng IV Kecamatan Rawalumbu ambruk beberapa waktu lalu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Para siswa terpaksa belajar di Musola sekolah. Akibatnya proses belajar mengajar menjadi terganggu. (Dieni)

Foto Ilustrasi

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.