Selasa, 13 November 2012 23:40:27 WIB

Diperbaiki, Tiga Jalan Utama di Tangerang Selatan

Jalan Tangsel02

PAMULANG (Pos Kota) – Mengantisipasi  kemacetan dan kesemrawutan lalulintas di sejumlah ruas  jalan wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang kerap terjadi setiap hari membuat jajaran pemkot setempat meningkatkan dan memperbaikai kondisi jalan yang ada.

“Ada tiga buah jalan utama termasuk jalan yang menghubungkan Ciputat dan Pamulang yang akan diperlebar dan diperbaiki dalam tahun anggaran 2012 dan 2013 mendatang,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didampingi Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) setempat Retno Prawati, Selasa (12/11).

Menurut dia, kegiatan itu sebagai salah satu antisipasi kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas setiap hari kerja khususnya di wilayah Ciputat – Pamulang – Serpong  yang akan dibuat sepanjang 2,2 Km untuk melebarakan jalan yang ada.

Mengenai dana pembebasan lahan sudah disiapkan dan kegiatan pelebaran secara brtahap sudah dilakukan dengan membongkar bangunan atau rumah yang terkena pelebaran jalan dan pengerasan badan jalan dengan dana sekitar Rp 5 milyar dan pekerjaan resmi akan dilakukan anggaran tahun 2013.

Salah satu kegiatan pelebaran Jl. Raya Ciputat – Pamulang antisipasi kemacetan setiap hari. (anton)

Mengenai Jl. Raya Ciater yang akan dilebarkan menjadi 24 meter dari semula dua jalur menjadi empat jalur nantinya diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi selama ini di wilayah tersebut.

Tak hanya melebarkan badan jalan saja tapi juga akan membuat bundaran di pertigaan Maruga yang menghubungkan BSD – Ciputat _ Maruga – Pamulang.

Bundaran Maruga yang juga akrab dipanggil pertigaan Maruga menjadi salah satu titik temu di jalur utama di wilayah Kota Tangsel. Namun, kegiatan proyek pelebaran jalan sepanjang 15 Km akan dilakukan pihak Propinsi Banten karena jalan itu tanggung jawab propinsi Banten.

Ditambahkan Retno Prawati, ke tiga ruas jalan yang akan dilebarkan antara lain Jalan Siliwangi, Jalan Raya Gaplek (Pamulang) dan Perempatan Viktor (Serpong).  Pemkot sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten.

Pasalnya, ruas jalan tersebut merupakan kewenangan provinsi. “Kita hanya melakukan pembebasan lahan milik warga yang terkena proyek pelebaran jalan. Untuk kegiatan pembangunan fisiknya Pemprop yang akan mengerjakan,” ujarnya. (anton)


Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.