Monday, 24 September 2018

Peringati 1 Muharam 1434 , Ribuan Siswa Pawai

Kamis, 15 November 2012 — 19:21 WIB
gebyarmuhar1511

SERANG (Pos Kota) – Dalam rangka memperingati tahun bari Islam, 1 Muharam 1434 Hijriyah, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Serang, Kamis (15/11), menggelar gebyar Muharram. Pawai diikuti ribuan siswa-siswi dari sekolah dibawah naungan Kemenag mulai dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Madrasah Tasanawiyah (MTS) Negeri dan swasta serta madrasah diniyah (MD) dengan mengelilingi Kota Serang.

Tidak hanya siswa, semarak 1 Muharam ini juga diikuti guru dan juga kelompok guru dari Forum Guru Agama Se-Kota Serang, yang turut memeriahkan acara tersebut.

Sebelum pawai dimulai, ribuan pelajar menggelar doa bersama di lapangan Bank Indonesia (BI) sebagai titik star pawai tersebut, dengan dipimpin langsung oleh Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Serang, KH Mahmudi. Ribuan siswa yang lengkap dengan atribut beridentitas sekolahnya masing-masing, mengikuti doa bersama sebagai harapan lebih baik pada tahun-tahun berikutnya.

Setelah selesai, kemudian pawai dimulai dan dilepas langsung oleh Kepala Kemenag Kota Serang dengan diringi marching band dan rebana sebagai music tradisional yang menjadi kegiatan ekstra kulikuluer disetiap madrasah di Kota Serang.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Serang, Sahod Efendy mengatakan, peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut sekitar 3500 orang, terdiri dari siswa dan guru dari 10 sekolah madrasah yang ada di Kota Serang. Kegiatan digelar sebagai upaya Kemenag mengingatkan terhadap siswa khususnya, tentang sejarah dari nilai-nilai satu Muharam yakni hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

“Selain perayan sebagai hari besar Islam, ini juga sebagai upaya pelesatrian sejarah islam, dimana satu Muahram ini adalah sejarah Nabi Muhammad yang hijrah dari Mekah ke Madinah sebagai upaya Syiar Islam,” ungkap Sahod Efendy. (haryono)