Friday, 21 September 2018

Ratusan Warga Pawai Obor di Sukabumi

Kamis, 15 November 2012 — 20:21 WIB
Pawai Obor-n

SUKABUMI (Pos Kota) – Beragam cara masyarakat menyambut tahun baru Hijriah 1434 Hijriah di Sukabumi, Jawa Barat. Di Desa Karawang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, misalnya, ratusan warga melakukan pawai dengan membawa obor, semalam.

Pantauan di lokasi, ratusan warga yang membawa obor dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Mereka berkeliling kampong dengan berjalan kaki. Meskipun hujan gerimis, tak lantas menyurutkan kegiatan rutin tahunan tersebut. Acara mereka berakhir sekitar pukul 22.00 WIB. Terlihat, kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak dan dewasa.

“Kegiatan pawai obor ini selalu diadakan setiap tahun. Kami sangat senang mengikuti pawai obor untuk menyambut tahun baru. Ini merupakan salah satu budaya local yang harus dilestarikan,” kata Mia Lisnawati, 22, salah serang peserta.

Mia berharap, pawai obor ini mengingatkan umat Islam mengenai datangnya tahun baru agamanya. Sehingga, penyambutan tahun baru Islam tak kalah semarak dengan perayaan tahun baru masehi.

Rizki, salah seorang panitia pawai obor menjelaskan rute yang dilintasi merupakan jalan raya Selabintana dan kawasan sekitarnya. Menurut Rizki, pelaksanaan tahun ini animo warga cukup tinggi untuk mengikuti pawai obor.

“Alhamdulilah animo warga cukup tinggi yang mengikuti  pawai obor. Walaupun gerimis warga tetap semangat mengikutinya,” jelasnya. (sule/dms)