Jumat, 16 November 2012 15:46:43 WIB

Buruh Demo Tuntut UMK, Jalan Diblokir

buruh

KARAWANG (Pos Kota) – Ribuan buruh dari sekitar 200  perusahaan industri dan serikat pekerja, PPMI, FKI ,SPSI, KASBI dan  FSPMI, demo ke Kantor Pemkab dan DPRD Karawang, Jumat (16/11). Mereka menuntut upah minimun Rp 2 juta per bulan.

Ketika demo,  mereka melakukan aksi memblokir satu jalur Jalan Yani Karawang di  depan Kantor Pemkab Karawang sepanjang 500 meter dengan menggunakan sepeda motor yang mereka kendarainya, sehingga arus lalu lintas dari arah Tanjungpura menuju Kota Karawang mengalami kemacetan.

Polisi yang mengamankan aksi demo ini, mengalihkan arus kendaraan dari arah Tanjungpura menuju Kota Karawang melalui rute belakang kantor Pemkab Karawang, belok kearah jalan Stadion Singaperbangsa.

NAIKAN UMK

Pendemo dalam orasinya menuntut Bupati  Karawang  menepati janji untuk mensejahterakan para buruh, dengan menaikkan nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang tahun 2013.

“Bupati, agar konsisten pada janjinya  1 Mei lalu. Saat itu Bupati Ade Swara berkomitmen untuk meningkatkan upah buruh, menjadi Rp 2 juta rupiah,” ujar Helmi.

“Kami meminta UMK Karawang 2013 mencapai Rp 2 juta, karena UMK tahun 2012 yang mencapai Rp 1,2 juta sangat jauh dan tidak memenuhi kebutuhan hidup para buruh,” teriak  Udin, salah seorang pendemo.

Aksi demo yang pekerja dan  serikat pekerja dari Persaudaran Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Kesatuan Aksi Solidaritas Buruh Indonesia (KASBI),  Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) tersebut.

Mereka sempat mengancam akan menduduki jalan Tol Cikampek  dan menginap di halaman Kantor Pemkab Karawang, jika permintaan  para buruh tidak diakomodasi Bupati. Diantara mereka ada yang solat Jum’at berjamaah di halaman Pemkab dan di mesjid – mesjid terdekat.

(nourkinan/sir)

Teks Gbr- Ribuan pekerja industri di Karawang demo tuntut UMK Rp 2 juta per bulan, blokir jalan A Yani. Karawang. (nourkinan)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.