Monday, 26 August 2019

KA Dari Jawa Tidak Masuk Stasiun Tanah Abang

Sabtu, 17 November 2012 — 0:17 WIB
iluskereta

JAKARTA (Pos Kota) – Mulai 1 Januari 2013,  Stasiun Kereta Api Tanah Abang  hanya melayani Kereta Rel Listrik (KRL) dari lokal barat. Untuk kereta ekonomi jarak jauh yang biasa masuk Tanah Abang akan dialihkan ke Stasiun Tanjung Priok dan Senen.

“KA ekonomi  Kutojaya yang semula berangkat dari Stasiun Tanah Abang dipindahkan ke Stasiun Pasar Senen,” kata Kepala Humas PT KA Daop 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq, kemarin.

Demikian juga KA Bengawan dari dan ke Solo dipindah ke Stasiun Senen dan KA Berantas  dari dan ke Kediri juga dipindah ke Tanjung Priok. “Pemindahan  KA ekonomi tersebut karena lalu lintas kereta api dan penumpang di Tanah Abang sudah melebihi kapasitas.”

Untuk  KA  Rangkasjaya, Ekonomi Lokal, Merak Jaya dan KA Kalimaya yang semula menuju Stasiun Duri, Angke, Kampung Bandan, Jakarta Kota dan Pasar Senen dialihkan  di Stasiun Tanah Abang.

TINGKATKAN VOLUME

Mateta menambahkan  akan meningkatkan volume penumpang hingga tiga kali lipat hinggaa tahun 2018 sehingga harus  ada kenaikan frekuensi perjalanan menjadi tiga kali juga.   Artinya, jalur lingkar Manggarai – Sudrman – Tanah Abang – Duri – Angke – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara, harus ditingkatkan frekuensinya.

PT KA juga akan mengoptimalkan emplasemen Stasiun Tanah Abang dan jalur lingkar Manggarai – Tanah Abang – Duri – Pasar Senen – Jatinegara bagi operasi KRL. Tanah Abang disiapkan untuk pengalihan KA jarak jauh dari Tanah Abang ke stasiun lain sebagai langkah awal pengembangan kereta api ke depan. (dwi)