Minggu, 18 November 2012 15:38:29 WIB

Dibersihkan 200 Warga

Kali di Menteng Kotor Penuh Sampah

tengrok1811

MENTENG (Pos Kota) – Kali Keroncong di Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) sangat kotor penuh dengan sampah dan endapan lumpur. Kondisi ini membuat aliran air tidak berjalan lancar karena terhalang dengan sampah. Melihat kondisi ini warga bersama aparat kelurahan melakukan kerja bakti bersih-bersih kali, Minggu (18/11)

Tidak kurang dari 200 orang, yang terdiri warga Menteng Tenggulun, LMK, pengurus RT, RW, ormas, kader-kader PKK dan jumantik dipimpin Camat Menteng, Bondan Dyah Ekowati dan Lurah Menteng, Eko Witarso terjun ke kali untuk membersihkan kali.

Warga menyambut positif kegiatan bersih-bersih kali, karena selama ini kondisinya sudah kotor penuh dengan sampah dan endapan lumpur. “Tentunya, warga senang dan tidak was-was lagi. Sehingga air jadi lancar dan tidak timbulkan banjir,” ucap Jarkoni.

Kali sepanjang sekitar 1.000 meter tersebut dibersihkan dan diangkat sampah-sampahnya. Hujan deras yang mengguyur tidak menyurutkan warga, justru bertambah semangat agar cepat selesai. Hasilnya sekitar 60 meter kubik sampah diangkat dari Kali Keroncong untuk dibuang ke lokasi pembuangan sampah.

Lurah Menteng, Eko Warsito mengatakan setelah sampah dan endapan lumpur diangkat, di beberapa lokasi pinggiran Kali Keroncong dipasangi spanduk bertuliskan imbauan dilarang membuang sampah di kali. Upaya ini untuk menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Camat Menteng, Bondan Dyah Ekowati berharap agar setelah dibersihkan sampah-sampahnya, masyarakat ikut menjaga dan memelihara Kali Keroncong. Dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Kami minta agar masyarakat ikut menjaga dan memelihara kebersihan kali untuk kepentingan bersama,” ucapnya. (Tarta)

Teks: Warga tengah membersihkan Kali Keroncong di wilayah Kelurahan Menteng.

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.