Sunday, 22 September 2019

Kali Bekasi Meluap, Permukiman Warga Kebanjiran

Senin, 19 November 2012 — 22:13 WIB
dinigebat1911

BEKASI (Pos Kota) – Pemukiman warga di sekitar bantaran Kali Bekasi, Senin (19/11) malam, masih terendam banjir. Banjir bukan hanya karena hujan tetapi juga luapan Kali Bekasi kiriman dari Bogor.

Seperti di Kampung Pangkalan RT 03/RT 04 dan RT 05/ RW 01 Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, serta di RW 04 Kelurahan Sepanjangjaya, Kecamatan Rawalumbu. Air masih merendam rumah warga karena posisi berada di bantaran Kali Bekasi.

Banjir di kawasan ini juga dipicu adanya pembangunan saluran air di bawah kali (siphon) dari Departemen PU Pusat.

Warga setempat mengungkapkan air sudah naik sejak Minggu malam. “Hujan terus-terusan, tapi yang lebih parah kalau sudah ada kiriman air dari Bogor, naiknya makin cepet tapi surutnya lama,” keluh Gunawan, warga Kampung Pangkalan.

Ketua RW 04 Sepanjangjaya Sumarta mengatakan ada 200 KK di wilayahnya yang rumahnya terendam banjir. “Memang sudah sering pemukiman di sini terendam banjir terutama banjir kiriman. Rumah warga yang di bantaran Kali Bekasi malah lebih parah,” katanya.

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan penjaga pintu air agar membuka pintu air saat banjir sehingga air bisa mengalir ke hilir. “Tapi ya hanya untuk mengurangi banjir saja,” kata Sumarta lagi.

Ketua Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kota Bekasi Engkus Kustara mengungkapkan kondisi Kota Bekasi masih aman. “Untuk wilayah yang rawan langganan banjir ada di Pondok Gede Permai, Jatirasa, Villa Jatirasa, Pondok Mitra Lestari, Jaka Kencana, Kemang Pratama, Sepanjangjaya dan Pangkalan Bambu,” jelas Engkus.

Banjir di kawasan ini juga lanjut Engkus, dipicu adanya pembangunan saluran air di bawah kali Bekasi(siphon) dari Departemen PU Pusat. “Karena siphon ini pula aliran air Kali Bekasi menyempit,” kata. (Dieni)

Teks ; Rumah warga yang terendam banjir di Bekasi