Senin, 19 November 2012 13:02:21 WIB

Pilihlah Ban Sesuai Kebutuhan

ban

JENIS dan merek ban sangat banyak untuk motor atau mobil. Tapi hendaknya jangan memilih ban hanya karena model kembang atau gagah saat dilihat. Yang harus diperhatikan adalah soal pilihan yang tepat untuk kendaraan.

Kurangnya pemahaman terhadap jenis ban seringkali justru mencelakakan. Semua jenis ban sebenarnya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri dan pabrikan sudah tentu memenuhi standard kualitas ban yang ditentukan.

Fungsi ban akan menjadi penerus tenaga dari mesin dan juga sebagai pengendali arah kendaraan. Ban yang beredar saat ini memiliki tiga varian, yaitu harian, racing dan off road. Rupa wajah atau tapak ban masing-masing varian berbeda-beda. Ban untuk harian memiliki kembangan (bentuk alur pada tapak ban) lebih banyak dari tipe sport. Digunakan untuk dua medan, yaitu kering dan hujan. Fungsi kembangannya sebagai jalur pembuangan air pada saat motor melibas air saat hujan. Makanya jika kembangan sedikit, ban tidak maksimal mencengkram aspal saat hujan.

Ban tipe racing hampir sama dengan ban harian, hanya saja ban tipe ini memiliki kembangan yang lebih sedikit, bahkan tidak ada kembangan sama sekali (slick) seperti yang digunakan balap motor GP. Biasanya ban ini pada bungkus bannya akan terdapat tulisan “Racing Only.” Artinya hanya untuk balapan saja. Banyannya karet lembut agar memiliki daya cengkram tinggi saat menikung.

Ban tipe ini tidak cocok bila digunakan untuk kondisi harian. Daya cengkram ban ini baru efektif saat suhu ban motor tinggi. Bahkan pada ajang balap ban ini harus dipanaskan dengan alat pemanas agar menghasilkan daya cengkram optimal.

Sedangkan ban off road memiliki rupa yang berbeda dari tipe ban yang lain. Ban tipe ini memiliki tonjolan untuk mendapatkan cengkraman optimal pada medan berkerikil, berpasir mau pun berlumpur. Untuk jenis ini sangat tidak dianjurkan di jalan aspal, karena kendaraan bisa tidak stabil dan lebih cepat habis. Motor yang menggunakan ban jenis ini adalah model trail atau cross country.

Selain perbedaan tipe-tipe ban yang ada, ukuran lebar ban juga sangat berpengaruh pada laju kendaraan baik untuk motor maupun mobil. Ban yang terlalu lebar atau sebaliknya lebih kecil dari velg bisa membahayakan. Memang jika menggunakan ban yang lebis besar untuk sepeda motor stabil pada trek lurus, tetapi berbanding terbalik saat menikung. Saran untuk motor kalau pun mengganti ukuran ban yang paling aman setingkat di atas ukuran standard. Sedangkan penggantian ban yang lebih kecil lebih hanya di ajang lomba drag race (trek lurus) untuk mengejar top speed.(M15/untung)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.