Thursday, 15 November 2018

Kereta Batubara Anjlok, Penumpang KA di Cilegon Keleleran

Kamis, 22 November 2012 — 20:02 WIB
Penumpang keleleran di Cilegon-n

CILEGON (Pos Kota) – Kereta api yang mengakut batu bara anjlok di sekitar Stasiun Tonjong, Kec. Keramatwatu, Kabupaten Serang, Kamis (22/11). Akibat peristiwa tersebut ratusan calon penumpang kereta api ekonomi jurasan Rangkasbitung terlantar di Stasiun Kereta Api Kota Cilegon. Belum diketahui secara pasti sebab-sebab kereta anjlok.

Staf PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) I Jakarta-Merak, Sony  membenarkan, anjloknya kereta barang tersebut. Menurut Sony, akibat kejadian itu lalintas kereta api Merak-Cigading-Rangkasbitung terganggu.

“Kejadiannya sekitar pukul 14:00 wib kereta barang yang memuat batubara dari Cigading menuju arah Bekasi anjlok di sekitar Stasiun Tonjong Serang. Penyebabnya masih diselidiki,” tutur Sony kepada wartawan.

Menurut Sony, meski menggunakan sistem manual namun perbaikan sudah berhasil dilakukan. “Informasi yang saya dapat, perbaikan sudah selesai dikerjakan, namun kereta penumpang belum bisa jalankan, karena beresiko mengingat musim hujan, namun kereta barang itu sudah bisa ditarik kembali ke Stasiun Cilegon,” katanya.

Sahdi, 50, salah satu warga Jakarta yang hendak pulang mengatakan, dirinya tidak tahu kalau ada kereta barang yang anjlok. “Ketika kereta ekonomi datang saya naik, namun tidak lama kemudian petugas PT KAI, yang ada di lokomoif turun dan mencopot rangkaian lokomotifnya. Saya kira  kereta akan langsir, namun kami tunggu kok tidak balik lagi, tahu-tahu lokomotif kereta penumpang itu membawa gerbong kereta barang,” cerita Sahdi.

Keluhan yang sama dikatakan oleh Dasmi, 30, ibu rumah tangga asal Rangkasbitung ini mengatakan, anjloknya kereta barang membuat dirinya tidak bisa pulang ke Rangkas. “Kayaknya malam ini nginep di Cilegon, mengingat keretanya belum jalan juga. Tadi saya telpon suami dan diperbolehkan menginap dirumah saudara,” keluhnya.

Sampai dengan pukul 18:30, kereta penumpang jurusan Rangkasbitung belum diberangkatkan dari Stasiun Cilegon. (haryono/dms)