Wednesday, 21 November 2018

Ribuan Ton Garam Milik Petani Menumpuk

Kamis, 22 November 2012 — 17:03 WIB
garamnumpuk2211

INDRAMAYU (Pos Kota) – Ribuan ton garam hasil produksi petani selama 4 bulan terakhir menumpuk di tepi jalan inspeksi Pertamina di Desa Santing, Kecamatan Losarang, Indramayu, Jawa Barat.

Mengingat gudang-gudang penyimpanan garam sudah penuh, tumpukan garam yang jumlahnya mencapai ribuan ton ditumpuk di tepi jalan. Agar tak kecipratan air hujan, pemilik menutupinya dengan terpal plastik.

Kartim, 53 petani, mengatakan, garam yang menumpuk itu merupakan hasil produksi selama musim kemarau. Garam itu belum terjual. Karena itu pemilik garam sengaja menyimpannya di tepi jalan. Dengan maksud agar keberadaan tumpukan garam itu mudah dilihat calon pembeli.

Dikatakan, haga jual garam saat ini Rp280 per Kg. Lebih rendah dari harga pembelian pemerintah sebesar Rp550 ribu per Kg. Untuk garam kualitas 2. Sedangkan harga pembelian pemerintah untuk garam kualitas 1 mencapai Rp750 per Kg.

Tengkulak garam menyebutkan, produksi garam tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu karena pengaruh cuaca yang sangat terik sehingga mempengaruhi kualitas maupun kuantitas hasil produksi gara.(taryani).

Teks: Dua orang petani garam pulang mengendarai sepeda onthel melewati tumpukan garam di Desa Santing, Indramayu.