Wednesday, 17 October 2018

60 Ribu Warga Tangsel Menganggur

Jumat, 23 November 2012 — 7:10 WIB
ilus60

SERPONG (Pos Kota) – Jumlah pengganggura di Kota Tanggerang Selatan (Tangsel) hingga bulan November 2012 mencapai 60 ribu orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan sekitar 52 ribu jiwa didominasi lulusan SMA dan sederajat.

“Sebagian besar mereka tidak siap pakai atau kerja setelah lulus SMA,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans Tangsel, Purnama Wijaya, Kamis (22/11).

“Peningkatan itu karena banyak faktor yang mempengaruhi selain tak siap kerja juga belum memiliki ketrampilan yang memadai,”tambahnya

Menurut dia, tak hanya berasal dari warga Kota Tangsel tapi juga kebanyakan pendatang baru yang ingin mencari kerja di kota ini. Setiap tahun diprediksi ada sekitar 1000 orang yang datang ke Tangsel untuk mencari pekerjaan.

Mengantisipasi lonjakan penggangguran, tambah dia, dalam waktu dekat akan digelar bursa kerja atau job fair sekitar akhir Nopember 2012 ini yang mengikut sertakan sekitar 50 perusahaan yang ingin merekrut tenaga kerja baru.

Perusahaan yang ingin mengikuti bursa kerja tentunya harus memiliki klasifikasi pekerjaan yang banyak dibutuhkan masyarakat. Mereka juga diharapkan menyiapkan perlengkapan atau syarat untuk kerja seperti izajah, usia dan kahliannya.

“Mudah-mudahan saja dengan adanya bursa kerja dapat menekan angka pengangguran di Kota Tangsel,” ujarnya. Selain melaksanakan bursa kerja pihak Pemkot Tangsel terus melakukan pelatihan dan ketrampilan khususnya kalangan usia produktif agar mereka siap kerja saat melamar pekerjaan. (anton)