Wednesday, 18 September 2019

Di Kali Krukut

Cegah Banjir, Sampah Kali Krukut Dibersihkan

Minggu, 25 November 2012 — 13:37 WIB
camat-sub

KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Di musim hujan ini sejumlah kali dan saluran di Jakarta Selatan kembali dipenuhi sampah sehingga membuat kawasan tergenang dan berpotensi banjir. Menyikapi hal ini, 40 warga di RW 02 Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru bersama jajaran Muspika giatkan kerja bakti membersihkan sampah di aliran Kali Krukut, Minggu (25/11).

“Kerja bakti sudah menjadi kegiatan rutin, namun di saat musim hujan ini kami sepakat untuk lebih giat lagi kerja bakti agar menekan potensi banjir di kawasan ini,” kata Ketua RW 02 Kelurahan Petogogan, Asep Hermawan didampingi sejumlah pengurus RT dan tokoh masyarakat.

Kegiatan warga ini dihadiri Camat Kebayoran Baru, Mahludin, Lurah Petogogan, Kuswara, Danramil Kebayoran Baru, Kapten Inf Tubin dan Kapolsek Kebayoran Baru, AKBP Adex Yudiswan.

Lurah Petogogan, Kuswara menjelaskan kerja bakti yang melibatkan jajaran Polsek, Koramil dan puluhan warga di RW 02 terjun ke Kali Krukut sepanjang 500 meter dari kantor kelurahan Petogogan hingga ke sekolah Tarakanita. Sebagian sampah bahkan ada yang menyangkut di badan jembatan sehingga makin menghambat aliran air.

“Sampah sebanyak dua truk yang dikeruk dari hasil kerja bakti langsung diangkut menggunakan truk dari Sudin Kebersihan Jaksel. Sisanya akan dikeruk petugas Sudin PU Tata Air Jaksel pada Senin (26/11),” ujar Kuswara.

Mahludin, Camat Kebayoran Baru mengatakan kegiatan kerja bakti di musim hujan ini memang harus esktra digenjot untuk mengurangi ancaman banjir akibat tumpuhkan sampah maupun lumpur yang sudah mengendap di kali dan saluran. ‘Untuk mencegah banjir hendaknya sampah yang menyangkut di jembatan harus rutin dibersihkan,” ujarnya.

(rachmi/sir)

Teks Gbr- Camat Kebayoran Baru (kaos putih) didampingi Lurah Petogogan saat bersama jajaran Muspika dan warga sedang kerja bakti di RW 02 Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jaksel, Minggu (25/11). (rachmi)

  • dewa chinta

    Normalisasi kali/sungai ? sebaiknya disepanjang bibir sungai/kali tersebut dibuat tembok tinggi / tanggul agar tidak meluap dari kali/sungai tsb… dan menggunakan sistem pompa untuk air yg berada di pemukiman penduduk disalurkan/dibuang ke kali yg sudah dibangun tembok/tanggul spt kota Roterdam