genre-sub

BKKBN Gelar Lomba Poster Remaja Nasional

Senin, 26 November 2012 Sosbud

JAKARTA (Pos Kota) -  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar lomba poster nasional bertitel Generasi Berencana (Genre) Action 2012. Even ini untuk menekan seks bebas, penyalahgunaan narkoba dan menghindari HIV/AIDS.

“Kami berupaya mengedukasi remaja aktif  tentang pentingnya Keluarga Berencana (KB) dan  kependudukan. Lomba Poster Nasional (LPN) ini sudah tiga kali digelar. BKKBN berinisiatif menciptakan ruang publik bagi pencurahan daya kreativitas, ekspresi, dan sosialisasi generasi muda,” kata Subagyo, Plt Kepala BKKBN, di Jakarta Senin.

Dr. Sudibyo Alimoeso, Deputi BKKBN bidang Keluarga Sejahtera Pembangunan Keluarga (KSPK), menjelaskan, lomba poster bukan satu satunya alat untuk memperkenalkan program KB. BKKBN juga telah  mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) kesehatan reproduksi remaja untuk SMA dan mahasiswa.

“Jumlah PIK di seluruh Indonesia sudah mencapai 16 ribu unit. Kami berharap kegiatan genre action dapat memaksimalkan penggalian terhadap potensi generasi muda berencana,” ungkap  Sudibyo.

Menurut Sudibyo,  jumlah penduduk berusia 15-19 tahun pada tahun 2010 mencapai 20.888.734 orang. Data itu memperlihatkan generasi muda harus difasilitasi penyaluran ekspresi dan energinya. Jika dibiarkan mandek, akan dapat merusak perkembangan bangsa Indonesia secara keseluruhan. “Jika bakat, ekspresi dan energy remaja tidak disalurkan bisa menjurus pada hal-hal yang negatif, seperti tawuran misalnya,” ujarnya.

Kegiatan ini, tambah Hardyanto, Deputi BKKBN bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi (Adpin), iikuti oleh 33 provinsi. Masing-masing provinsi mengirimkan perwakilan yang sudah diseleksi dalam tiga kategori, yaitu umum, mahasiswa, dan siswa SMA.
Semua peserta menerjemahkan dari tiga aksi generasi berencana  dalam bentuk ide kreatif, konsep desain, dan poster. Hasil desain yang dibuat akan dinilai berdasarkan kriteria penilaian ide orisinil, kandungan konten pesan, grafis, dan kemasan lokal.

Tema lomba ini mencakup Triad Kesehatan Remaja, yaitu Say no to drugs (katakan tidak pada narkoba), Say no to free sex (katakan tidak pada seks bebas), and Say goodbay HIV/AIDS (dan ucapkan selamat tinggal pada HIV/AIDS).
Evi Amir Syamsudin dari  Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, kampanye Genre, menjadi perhatian kepedulian SIKIB karena didalamnya memuat unsur-unsur positif di dalam merencanakan pendidikan, keluarga dan kesehatan. Program ini dinilainya lebih bermanfaat bagi remaja ketimbang harus menikah dalam usia muda serta melakukan penyimpangan perilaku.

“Atas upaya-upaya itulah Sikib peduli dan memberikan  Piala Bergilir dari Ibu Negara RI  dalam ajang lomba poster ini,” tuntas Evi, istri Menkumham Amir Syamsudin.

(aby/sir)

Teks Gbr- Jumpa pers Genre Action 2012 digelar di BKKBN, kemarin. Turut hadir dari kanan ke kiri: Deputi BKKBN bidang Keluarga Sejahtera Pembangunan Keluarga (KSPK), Dr. Sudibyo Alimoeso, Deputi BKKBN bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi (Adpin), Hardyanto, Kepala Biro Hukum Organisasi dan Hubungan Masyaraka, Edy Purwanto,  Plt Kepala BKKBN, Subagyo, pengurus SIKIB, Evi Amir Syamsudin. (aby)